Biografi Edhi Sunarso - Pembuat Patung Pancoran

Biografi Profil Biodata Edhi Sunarso - Pembuat Wajah Patung PancoranEdhi Sunarso yang lahir di Salatiga, Jawa Tengah, 2 Juli 1932; umur 84 tahun adalah pematung Indonesia. Edhi Sunarso merupakan pemahat patung kepercayaan Sukarno dan membuat sejumlah karya yang kini menjadi ikon di Jakarta seperti Patung Pancoran, Monumen Selamat Datang di Bundaran Hotel Indonesia dan Patung Pembebasan Irian Barat di Lapangan Banteng.

Ia mulai belajar dan berlatih membuat patung ketika menjadi tawanan perang KNIL di Bandung antara tahun 1946-1949 yang kemudian dilanjutkan melalui jalur pendidikan resmi di ASRI, Yogyakarta lulus tahun 1955 dan Kelabhawa Visva Bharati University Santiniketan, India lulus pada tahun 1957. Selain sebagai pematung, ia juga dosen pada Institut Seni Indonesia, Yogyakarta. Karya yang dihasilkan Edhi Sunarso antara lain, patung Monumen Selamat Datang di Bundaran Hotel Indonesia dan Diorama Sejarah Monumen Nasional di Jakarta.

Patung Pancoran digagas oleh presiden pertama RI Sukarno di akhir masa pemerintahannya yakni tahun 1964-1965. Patung dibangun setinggi 11 meter dengan tiang penyangga yang menjulang 27 meter. Berat patung mencapai 11 ton dan panjang 36 meter. Patung ini diletakkan di kawasan Pancoran, Jakarta Selatan yang menjadikannya lebih dikenal dengan nama patung pancoran. Pengecoran perunggu patung dilakukan oleh Pengecoran Patung Perunggu Artistik Dekoratif Yogyakarta, dipimpin oleh I Gardono. Sedangkan arsiteknya adalah Ir Sutami.

Sejarawan LIPI Asvi Warman mengatakan, Sukarno terinspirasi membuat patung tersebut dari sosok kosmonot Yuri Gagarin. Diketahui Gagarin merupakan kosmonot Rusia yang pertama kali ke luar angkasa. Patung Pancoran memiliki makna filosofis, yaitu melambangkan keberanian, ksatria dan kedirgantaraan dengan kejujuran, keberanian dan semangat mengabdi. Pematung Indonesia Edhi Soenarso meninggal dunia pada usia 84 tahun di Yogyakarta. Kepergian pembuat Patung Selamat Datang di Bundaran Hotel Indonesia itu mendapat perhatian dari sejumlah netizen, utamanya para pesohor negeri.