Pavel Nikolai Durov - Pendiri CEO Telegram

Biografi Profil Biodata Pavel Durov - Wikipedia Bahasa Indonesia - Pendiri dan CEO Aplikasi Telegram DiblokirPavel Valeryevich Durov ( Rusia : Павел Валерьевич Дуров ; lahir 10 Oktober 1984) adalah seorang pengusaha Rusia yang dikenal sebagai pendiri situs jejaring sosial VK, dan kemudian Messenger Telegram. Dia adalah adik dari Nikolai Valeryevich Durov ( Rusia : Николай Валерьевич Дуров ; lahir 21 November 1980) adalah seorang programmer dan matematikawan Rusia. Telegram adalah layanan pesan instan berbasis layanan gratis, nirlaba. Klien Telegram ada untuk ponsel ( Android, iOS, Windows Phone, Ubuntu Touch) dan sistem desktop ( Windows, macos, Linux).

Pengguna dapat mengirim pesan dan bertukar foto, video, stiker, audio, dan file dari jenis apa pun. Telegram juga menyediakan pesan terenkripsi end-to-end opsional. Telegram didukung oleh pengusaha Rusia Pavel Durov. Kode sisi kliennya adalah perangkat lunak open-source namun mengandung gumpalan biner, dan kode sumber untuk versi terbaru tidak selalu segera dipublikasikan, sedangkan kode sisi servernya bersifat closed-source dan proprietary. Layanan ini juga menyediakan API untuk pengembang independen. Pada bulan Februari 2016, Telegram menyatakan bahwa mereka memiliki 100 juta pengguna aktif bulanan, mengirimkan 15 miliar pesan per hari.

Ayah Durov Valery Semenovich Durov adalah seorang Doktor Ilmu Pengetahuan Filologi, penulis banyak makalah ilmiah, dan sejak tahun 1992 dia telah menjadi kepala departemen filologi filologi filologi klasik Universitas St. Petersburg. Saudara Durov Nikolai Durov adalah seorang matematikawan, calon ilmuwan fisika dan matematika, pemenang beberapa kompetisi Rusia dan internasional dalam matematika dan informatika, dua kali juara dunia absolut dalam pemrograman di kalangan siswa, telah menjadi direktur teknik "VKontakte" sejak berdirinya sampai pertengahan 2013.

Pada 21 April 2014, Durov dipecat sebagai CEO VK. Durov kemudian meninggalkan Rusia dan menyatakan bahwa dia "tidak berencana untuk kembali" dan bahwa "negara tersebut tidak sesuai dengan bisnis internet saat ini". Setelah meninggalkan Rusia, dia memperoleh kewarganegaraan Saint Kitts dan Nevis dengan menyumbangkan $ 250.000 ke Yayasan Diversifikasi Industri Gula di negara tersebut, dan memperoleh uang tunai sebesar US $ 300 juta di bank-bank Swiss. Hal ini memungkinkan dia untuk fokus menciptakan perusahaan berikutnya, Telegram, yang awalnya berbasis di Berlin dan berfokus pada layanan pesan terenkripsi.

Durov adalah atheis yang menggambarkan dirinya sendiri libertarian dan vegetarian .Untuk ulang tahunnya yang ke dua puluh tujuh pada tahun 2011, dia menyumbangkan satu juta dolar ke Wikimedia Foundation, pendiri dan ketua kehormatannya adalah Jimmy Wales sesama libertarian. Dia telah disebut Mark Zuckerberg dari Rusia. Pada bulan Agustus 2014, Pavel Durov dinobatkan sebagai pemimpin Eropa Utara yang paling menjanjikan di bawah usia 30. Pada 2017 Pavel terpilih untuk bergabung dengan WEF Young Global Leaders, mewakili Finlandia.