Biography Alan Paton - Aktivis Anti-Apartheid

Biografi Profil Biodata Biography Alan Paton - Aktivis Anti-ApartheidAlan Stewart Paton (11 Januari 1903 - 12 April 1988) adalah seorang penulis Afrika Selatan dan aktivis anti-apartheid . Karyanya termasuk novel Cry, the Beloved Country dan Too Late the Phalarope. Pada tahun 1948, empat bulan setelah terbitnya Cry, The Beloved Country , Partai Nasional separatis mulai berkuasa di Afrika Selatan. Paton, bersama Margaret Ballinger , Edgar Brookes , dan Leo Marquard , membentuk Asosiasi Liberal pada awal 1953.

Pada tanggal 9 Mei tahun itu menjadi Partai Liberal Afrika Selatan , dengan Paton sebagai wakil presiden pendiri, yang berjuang melawan undang-undang apartheid yang diperkenalkan oleh Partai Nasional. Dia menjabat sebagai presiden LPSA sampai pembubaran paksa rezim apartheid di akhir tahun 1960an, secara resmi karena keanggotaannya terdiri dari orang kulit hitam dan kulit putih. Paton adalah teman Bernard Friedman , pendiri Partai Progresif .

Teman penulis Paton Laurens van der Post , yang telah pindah ke Inggris pada tahun 1930an, membantu partai tersebut dalam banyak hal. Van der Post tahu bahwa Polisi Rahasia Afrika Selatan sadar bahwa dia membayar uang kepada Paton, namun tidak dapat menghentikannya dengan prosedur hukum. Paton sendiri mengadopsi sebuah tentangan yang damai dalam demonstrasi melawan apartheid, seperti juga banyak pihak lainnya dalam partai tersebut; beberapa anggota SALP mengambil rute yang lebih keras, dan akibatnya beberapa stigma memang melekat pada partai tersebut.

Paspor Paton disita saat kembali dari New York pada tahun 1960, di mana dia dipresentasikan dengan Freedom Award tahunan. [5] Itu tidak dikembalikan selama sepuluh tahun. Paton pensiun ke Bukit Botha , tempat tinggalnya sampai kematiannya. Dia dihormati di Hall of Freedom of the Liberal International organization.