Eni Maulani Saragih - Wakil Ketua Komisi VII DPR

Biografi Profil Biodata Eni Maulani Saragih - Wakil Ketua Komisi VII DPREni Maulani Saragih yang lahir di Jakarta, pada 13 Mei 1970 adalah Wakil Ketua Komisi VII DPR RI. Ia terpilih menjadi anggota DPR RI dari daerah pemilihan Jawa Timur X, meliputi Lamongan, dan Gresik. Dia tinggal di Larangan Indah, Larangan, Kota Tangerang, Banten. Pada periode 2014 hingga 2019 Eni bertugas pada Komisi VII yang membidangi energi sumber daya mineral dan lingkungan hidup.

Petugas dari Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) menangkap Wakil Ketua Komisi VII DPR Eni Maulani Saragih dalam rangkaian Operasi Tangkap Tangan (OTT). Eni ditangkap di rumah dinas Menteri Sosial RI, Idrus Marham di Kompleks Widya Chandra, Jakarta Selatan, Jumat (13/7/2018). Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) menggeledah lima lokasi terkait operasi tangkap tangan terhadap Wakil Ketua Komisi VII DPR Eni Maulani Saragih, Minggu (15/7/2018). Beberapa yang digeledah adalah rumah kediaman Eni hingga kediaman pengusaha Johannes Budisutrisno Kotjo.

Tercatat Eni adalah alumnus IKIP Jakarta (sekarang Universitas Negeri Jakarta) dan STIE. Eni memperoleh gelar Master Manajemen dari Universitas Trisakti. Adapun riwayat organisasinya adalah MKGR sebagai Wakil Ketua Umum, pada tahun 2015 hingga 2019. Kemudian menjadi Bendahara Umum DPP KNPI pada tahun 2002 hingga 2005. Selain itu Eni juga pernah menjabat komisaris pada sejumlah perusahaan, yani PT Raya Energy Indonesia dan PT Nugras Trans Energi.

Eni ternyata merupakan istri Bupati Temanggung terpilih, Muhammad Al Khadziq. Berdasarkan hasil rapat pleno rekapitulasi perhitungan suara KPU Kabupaten Temanggung, Rabu (4/7/2018), menyatakan Al Khadziq yang berpasangan dengan Heri Ibnu Wibowo memenangkan Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Temanggung. Pasangan calon tersebut diusung Partai Gerindra, PPP, Partai Golkar, dan PAN itu mengantongi 258.734 suara.