Lalu Muhammad Zohri Juara Dunia Atletik U-20

Biografi Profil Biodata Lalu Muhammad Zohri Juara Dunia Atletik U-20Lalu Muhammad Zohri yang lahir di Lombok, Nusa Tenggara Barat, 1 Juli 2000 adalah seorang pelari muda 100 meter Indonesia. Zohri lahir dari pasangan Lalu Ahmad Yani dan Saeriah. Ibunya meninggal pada tahun 2015 sementara ayahnya meninggal pada tahun 2017. Zohri merupakan putra bungsu dari empat bersaudara. Lalu Muhammad Zohri berhasil meraih medali emas dan menjadi juara dunia pada Kejuaraan Dunia Atletik Junior 2018 yang berlangsung di Tampere, Finlandia. Pencapaian Zohri merupakan sejarah baru dalam cabang olahraga atletik Indonesia.

Dengan catatan waktu 10,18 detik, Zohri mengalahkan dua pelari Amerika Serikat, Anthony Schwartz dan Eric Harrison. Kedua pelari Amerika Serikat ini menempati peringkat kedua dan ketiga yang sama-sama memiliki catatan waktu 10,22 detik. Catatan waktu Zohri ini sekaligus memecahkan rekor nasional junior atas namanya sendiri yakni 10,25 detik. Sebelumnya, prestasi terbaik atlet Indonesia di Kejuaraan Dunia Atletik Junior nomor lari 100 meter adalah finis kedelapan di babak penyisihan tahun 1986. Pada ajang Kejuaraan Asia Atletik Junior 2018 di Jepang, Zohri juga berhasil meraih medali emas untuk lari 100 meter dengan catatan waktu 10,27 detik.

Lalu Zohri merupakan pemuda asal Nusa Tenggara Barat (NTB)yang keluar sebagai juara dunia di Finlandia dengan torehan waktu 10,18 detik untuk nomor lari 100 meter. Atlet berusia 18 tahun itu mengalahkan dua pelari Amerika Serikat, Anthony Schwartz dan Eric Harrison, yang sama-sama mencatatkan waktu 10,22 detik. Eni Nuraeni yang merupakan pelatih pelatnas atletik di nomor jarak pendek memiliki peran besar dalam raihan fenomenal itu. Perempuan berhijab itu selalu mendampingi anak asuhnya setiap pagi dan sore. Lalu baru sekitar Januari bergabung masuk pelatnas setelah juara kejurnas antar PPLP pada 2017.

Eni menyebut tidak menemui kesulitan berarti dalam memoles Lalu. Sebab, Lalu memiliki otot yang sesuai untuk menjadi atlet atletik lari jarak pendek. Zohri merupakan atlet sprinter dari NTB yang diproyeksikan untuk tampil di Asian Games 2018 Jakarta dan Palembang pada nomor estafet 4x100 meter putra. Presiden Joko Widodo menyampaikan rasa bangganya atas pencapaian Lalu Muhammad Zohri yang meraih medali emas di Kejuaraan Asia Atletik Junior 2018 di Finlandia. Pencapaian Zohri merupakan suatu kebanggan dan kemenangan Zohri merupakan modal awal untuk meraih medali di Asian Games.