Profil James Riady - Konglomerat Lippo Group

Biografi Profil Biodata James Riady - Konglomerat Lippo GroupJames Riady (Hanzi tradisional: 李白; pinyin: Li Bái; lahir 1957 di Jakarta) adalah wakil ketua Lippo Group, konglomerat besar di Indonesia. Dia adalah orang Tionghoa-Indonesia, dan juga anak Mochtar Riady, Lippo Group. Lippo Group baru-baru ini menandatangani perjanjian dengan Khazanah dari Malaysia untuk melepaskan saham mayoritas di Bank Lippo. Karena dia baru saja masuk kristen evangelis, James saat ini memfokuskan diri pada studi teologi.

Sejak memeluk agama Kristen pada tahun 1990, dia menjadi evangelis, mendirikan yayasan, sumbangan, sekolah kristen, menyebarkan pengaruh Kristen kepada masyarakat Indonesia. Di bawah Yayasan Pendidikan Pelita Harapan, Riady membantu membangun Universitas Kristen bernama Universitas Pelita Harapan(UPH). Universitas ini adalah salah satu kampus yang indah dengan biaya yang mahal. Dia merekrut siswa dari berbagai daerah untuk diberi beasiswa "Teacher's College", di mana mereka akan dididik untuk mengajar di pedalaman Indonesia. Lulusan UPH biasanya ditempatkan di sekolah yang berasosiasi dengan Yayasan.

Lippo Group adalah sebuah perusahaan besar di Indonesia yang didirikan oleh Mochtar Riady. Grup ini memulai usaha dengan Bank Lippo yang telah berganti nama dan berubah posisi sahamnya menjadi Bank CIMB Niaga. Perusahaan ini kemudian mengembangkan diri di usaha properti yang kemudian berkembang di Indonesia, Tiongkok dan beberapa negara lainnya. Selain di usaha properti juga melakukan pengembangan bisnis eceran, telekomunikasi, dan berbagai jenis usaha lainnya. Saat ini, perusahaan tersebut dipimpin oleh James Riady, anak Mochtar Riady. Pada tahun 2016, perusahaan ini mulai merencanakan sebuah kota baru, yaitu Meikarta. Kota ini terletak di Cikarang, dan diperkirakan akan selesai pada tahun 2021.