Faul Aceh Juara Liga Dangdut Indosiar 2019

Biografi Profil Biodata Faul Aceh - Fauzul Lida Juara Dangdut Academy Asia 5 2019Faul Aceh yang bernama lengkap Fauzul Abdi dari Bener Meriah adalah duta dangdut wakil provinsi Aceh yang menjadi juara Lida 2 - Liga Dangdut Indonesia 2019. Ceh Fauzul Abdi sang penyair Didong ini tampil di Liga Dangdut Indonesia (Lida 2) malam ini yang disiarkan secara langsung dari Indosiar. Fauzul Abdi yang akrab disapa Faul ini merupakan anak ke 7 dari delapan bersaudara keluarga petani. Ia dipanggil ceh karena memiliki suara yang sangat khas saat membawakan Didong Gayo. Ia juga muazin dan pandai membaca Quran dengan suara yang merdu.

Faul saat ini mahasiswa sebuah perguruan tinggi di Jakarta. Dia hijrah ke Ibukota setelah dibawa oleh Pemkab Bener Meriah dan Aceh Tengah berdidong di Jakarta. Sejak itu ia tidak kembali lagi ke kampung halamannya, dan memilih melanjutkan pendidikan dan beraktivitas mengembangkan seni Gayo di Jakarta. Ia tergabung dalam Sanggar Pegayon Jakarta yang beberapa waktu lalu melakukan lawatan ke Turki mengikuti Festival Foklore Internasional. Faul bertekad mengibarkan seni budaya Gayo di kancah lebih luas, sehingga lebih dikenali masyarakat dalam dan luar negeri. Di Jakarta, dukungan untuk Faul dikukuhkan dalam satu komunitas Faul. Seniman Gayo Mursyid Sabdin dan Alwin Desry mengharapkan segenap pihak baik di Aceh maupun luar Aceh untuk memberi dukungan.

Biografi Profil Biodata Faul Aceh - Fauzul Abdi Liga Dangdut 2019Peserta Liga Dangdut Indonesia mewakili Provinsi Aceh, Fauzul Abadi atau Faul pon mendapatkan dukungan dana. Komunitas Fauzul Abadi di Jabodetabek menggelar penggalangan dana di kediaman Asbarani, Pondok Kala Pedemun, Setu, Jakarta Timur. Pembina Komunitas Fauzul Abadi, Indra Gunawan, menegaskan, mendukung penuh kegiatan Komunitas Fauzul Abadi. Muhammad Hasan Daling, Ketua Ikatan Musara Gayo Jabodetabek, menyatakan, akan menginformasikan kepada masyarakat Gayo di Jabodetabek untuk mendukung Fauzul Abadi melalui SMS dan kehadiran di Studio Indosiar. Acara penggalangan dana Fauzul Abadi dihadiri tokoh-tokoh Gayo di Jabodetabek. Acara diisi dengan pertunjukkan seni budaya oleh Sanggar Pegayon, pembacaan puisi oleh penyair senior LK Ara dan Fikar W Eda, presentasi singkat sejarah pembataian masyarakat Gayo oleh pasukan van Daalen oleh wartawan senior Iwan Gayo, dan dilanjutkan oleh didong dengan Ceh-Onot Kemara dan penepok dari Sanggar Pegayon. - Biodata Faul Aceh - Fauzul Abdi Lida 2 Liga Dangdut 2019

#Lihat pula : Daftar Lengkap Peserta Lida 2 Liga Dangdut