Biograpy Gloria Vanderbilt Sosialita Amerika

Biografi Profil Biodata Gloria Vanderbilt Dead Death Die Dies DiedGloria Laura Vanderbilt (20 Februari 1924 - 17 Juni 2019) adalah seorang seniman, penulis, aktris, perancang busana, pewaris, dan sosialita Amerika. Dia adalah anggota keluarga Vanderbilt New York dan ibu dari pembawa acara televisi CNN Anderson Cooper. Selama tahun 1930-an, ia menjadi subjek percobaan hak asuh anak yang sangat terkenal di mana ibunya, Gloria Morgan Vanderbilt, dan bibinya yang bapak, Gertrude Vanderbilt Whitney, masing-masing mencari hak asuh atas dirinya dan mengendalikan dana perwaliannya. Disebut "persidangan abad ini" oleh pers, persidangan pengadilan menjadi subyek liputan pers yang luas dan sensasional karena kekayaan dan keunggulan pihak-pihak yang terlibat, dan bukti skandal yang diajukan untuk mendukung klaim Whitney bahwa Gloria Morgan Vanderbilt adalah seorang orang tua yang tidak layak.

Sebagai orang dewasa di tahun 1970-an, Vanderbilt menjadi dikenal sehubungan dengan garis mode, parfum, dan barang-barang rumah tangga yang menyandang namanya. Dia terutama dikenal sebagai pengembang awal jeans biru desainer. Pada tahun 1974, Paul McCartney merilis "Mrs. Vandebilt", sebuah lagu yang terinspirasi dan secara longgar didasarkan pada kehidupan Gloria. Vanderbilt belajar akting di Playhouse Lingkungan dengan guru Sanford Meisner dan belajar seni di Liga Siswa Seni New York. Dia menjadi terkenal karena karya seninya, memberikan pertunjukan lukisan minyak, cat air, dan pastel. Karya seni ini diadaptasi dan dilisensikan, dimulai sekitar tahun 1968, oleh Hallmark Cards dan oleh Bloomcraft (produsen tekstil), dan Vanderbilt mulai mendesain khusus untuk linen, tembikar, dan barang pecah belah.

Pada akhir Mei 2016 Vanderbilt telah menulis dua buku tentang seni dan dekorasi rumah, empat volume memoar dan tiga novel, dan merupakan kontributor tetap untuk The New York Times, Vanity Fair, dan Elle. [21] Pada November 2010, Vanderbilt menjadi subjek sebuah buku baru yang menceritakan kehidupannya, berjudul The World of Gloria Vanderbilt, [22] yang ditulis oleh Wendy Goodman, editor desain majalah New York. Buku itu, yang diterbitkan oleh Abrams, menampilkan banyak foto yang belum pernah dirilis sebelumnya. Pada tanggal 5 April 2016, Penerbit HarperCollins merilis sebuah buku baru, yang ditulis bersama oleh Vanderbilt dan putranya Anderson Cooper, berjudul The Rainbow Comes and Goes: Seorang Ibu dan Anak Kehidupan, Cinta, dan Kehilangan. Buku itu dideskripsikan oleh penerbitnya sebagai: "Korespondensi yang menyentuh dan intim antara Anderson Cooper dan ibunya, Gloria Vanderbilt, menawarkan kebijaksanaan abadi dan pandangan terang ke dalam kehidupan mereka".