Jose Mari Chan Penyanyi Lagu Beautiful Girl

Biografi Profil Biodata Jose Mari Chan - Penyanyi Lagu Beautiful GirlJosé Mari Chan (lahir 11 Maret 1945) di Iloilo City adalah seorang penyanyi, pebisnis dalam industri gula serta penulis lagu berdarah Tiongkok-Filipina. Beliau lulus dengan gelar sarjana di bidang Ekonomi dari Universitas Ateneo de Manila pada tahun 1967. Beliau saat ini menjabat sebagai direktur dan CEO BISCOM, Inc. dan A. Chan Sugar Corporation. Ia juga menjabat sebagai presiden direktur Signature Music Inc. Chan menikahi Mary Ann Ansaldo dan dikaruniai lima orang anak, yang mewariskan bakat bermusik dari dirinya. Anak perempuannya, Liza, tampil dalam beberapa kali duet bersamanya.

Chan lahir pada 11 Maret 1945 di Kota Iloilo dan merupakan anak sulung Antonio Chan dan Florencia Lim. Ayahnya adalah seorang imigran dari Fujian, Cina yang datang ke Filipina pada usia 13 dan memulai sebuah perusahaan perdagangan gula di Bacolod. Ibu Chan adalah satu-satunya anak dari pasangan Cina-Filipina. Chan terpapar musik di masa kecilnya dengan nenek dari ibunya dari Cebu sering bermain musik di rumah mereka dan ibunya menjadi seorang pianis. Dia juga ditemani oleh pembantu rumah tangga keluarga untuk berpartisipasi dalam program radio Children's Hour on DYRI di mana anak-anak menampilkan piano, bernyanyi, dan membacakan puisi.

Di sekolah ia sering dipilih untuk melakukan program sekolah. Paul Anka dan Neil Sedaka adalah beberapa penulis lagu yang menjadi inspirasinya di masa kecilnya. Chan menulis lagu pertamanya pada usia 13 tahun. Ayah Chan mendukung keterlibatannya dalam Children's Hour tetapi enggan mendukung karier musiknya pada saat ia berusia 14 atau 15 ketika ia mulai membuat lagu. Ayahnya khawatir latar belakang Cina mereka akan menempatkan Chan pada posisi yang kurang menguntungkan di industri musik dan mendorongnya untuk mengasingkan pengejaran musiknya sebagai hobi dan sebagai gantinya mengejar karir bisnis.

Ketika Chan mengingatkan lelaki tua itu bahwa dia memang memiliki bakat untuk menulis, dia diberitahu bahwa bidang khusus itu “tidak akan cukup untuk mendukung keluarga.” Saat itulah dia menyadari kebijaksanaan dan kepedulian yang disuarakan oleh orang tuanya. Chan kuliah di Universitas Ateneo de Manila di mana dia bertemu sesama musisi Ramon Jacinto dari RJ & the Riots. Ia lulus dengan gelar Bachelor of Arts di bidang Ekonomi pada tahun 1967.