Profil Mullah Ali Kalak atau Biografi Mala Ali Kurdistani

Biografi Profil Biodata Siapa Mullah Ali Kalak adalah Mala Ali Kurdistani Wikipedia IndonesiaMullah Ali Kalak atau Mala Ali Kurdistani adalah seorang mullah Kurdi yang mengumpulkan kontroversi melalui video yang konon menunjukkan dia menyembuhkan orang sakit menggunakan ayat-ayat Alquran.

Kalak menerbitkan sebuah video di Facebook yang konon menyembuhkan seorang lelaki tua di kota suci Saudi, Madinah yang mengklaim telah buta selama sepuluh tahun dan pria tua itu mengklaim bahwa ia telah mendapatkan kembali penglihatannya.

Polisi Madinah menangkap Mullah Ali segera setelah video dirilis. Pusat penyembuhan yang ia jalankan di kampung halamannya di Kalak, berulang kali ditutup. Dia menghadapi beberapa penangkapan dan pemanggilan pengadilan dari pejabat Wilayah Kurdistan atas praktiknya.

Penangkapan Kalak menerima pujian dan kecaman di media sosial Kurdi. Dalam jajak pendapat yang dilakukan oleh halaman Facebook Rudaw Sorani, sekitar 58 persen dari 30.000 peserta memberikan suara menentang keputusan untuk menangkap Kalak. Yang lain senang dengan penangkapan itu, menyebut praktiknya menipu.

Mullah Ali menimbulkan kontroversi pada tahun 2017 soal Presiden AS Donald Trump. Sebuah video yang dibagikan oleh Kalak bulan lalu menunjukkan dia meminum air seni dan susu unta karena manfaat kesehatannya di Uni Emirat Arab tm mengumpulkan 3 juta tampilan di Facebook.

Kementerian Kesehatan di Kurdistan mengajukan keluhan terhadap kontroversial, Ali Kalak karena menyebarkan informasi bohong. Mullah itu mengklaim air seni unta dapat mengobati kanker dan sejumlah penyakit mematikan lainnya. Kalak menulis bahwa campuran susu dan air kencing unta adalah pengobatan terbaik untuk kanker, hepatitis, dan AIDS.

Menteri Kesehatan setempat mengatakan apa yang dikatakan Mullah Ali Kalak hanyalah trik dan ilmu hitam, tidak memiliki dasar ilmiah ataupun hasil penelitian medis. Menteri Kesehatan meminta pihak yang berwenang dan Departemen Dalam Negeri mengambil langkah yang untuk menghentikan pekerjaan yang menjijikkan.