Joyce Chaisin Lin - Pilot Pesawat Jatuh di Sentani

Biografi Profil Biodata Joyce Chaisin Lin - Pilot wanita Pesawat Jatuh di danau Sentani
Joyce Chaisin Lin (40) adalah seorang wanita yang menjadi pilot pesawat Cesna pengangkut logistik milik Mission Aviation Fellowship (MAF) yang jatuh di Danau Sentani, Jayapura, Papua, setelah 2 menit take off. Jenazah pilot wanita Warga Negara Amerika Serikat bernama Joyce Chaisin Lin terjebak salam pesawat yang jatuh di tengah-tengah danau, di atas permukaan air dan tenggelam.

Berikut kronologi pesawat jatuh di Danau Sentani hingga pilot wanita dievakuasi:

Pukul 06.27 WIT - Pesawat jenis kodiak K-100 PK-MEC milik MAF take off dari Bandara Sentani tujuan Distrik Mamid Kabupaten Tolikara.

Pukul 06.29 WIT - Pilot memanggil tower "Mayday" dan meminta RBT (mendarat darurat), selanjutnya petugas tower memanggil namun tidak ada jawaban dari pilot. Pesawat hilang kontak.

Pukul 06.35 WIT - Polsek Kawasan Bandara Sentani mendapat informasi dari masyarakat yang di TKP, langsung bergerak menuju TKP lokasi jatuhnya pesawat, tepat di tengah-tengah danau antara Kampung Yoboi dan Kamyagha. Tim dipimpin Aiptu Pit Suhartono beserta anggota.

Pukul 06.50 WIT - Aipda Pit Suhartono beserta Anggota tiba di Dermaga Yahim dan langsung bergerak menuju TKP jatuhnya pesawat dengan menggunakan speed boat milik Pol Airud Polda Papua.

Pukul 07.15 WIT - Aipda Pit Suhartono dan Bripka Alfian tiba di TKP jatuhnya pesawat dan mendapati masyarakat sedang membantu proses evakuasi korban yaitu pilot dari pesawat AMA yang jatuh.

Pukul 07.47 WIT - Kapolres Jayapura AKBP Victor D Mackbon tiba di TKP dan memimpin proses evakuasi korban pilot. Disusul Kepala Basarnas Jayapura Zainul Thahar dan GM PT Angkasapura 1 Bandara Sentani Antonius Widya P tiba di TKP untuk memantau proses evakuasi korban.

Pukul 08.14 WIT - Tim SAR Penyelam dari AURI, Peltu Absent Tinus Simbiring dan Sertu Elisa Womsiwor, tiba di TKP jatuhnya pesawat untuk mengevakuasi jenazah pilot MAF, Joyce Chaisin Lin (40), yang masih terperangkap di dalam badan pesawat. Pukul 08.15 WIT, tim penyelam melaksanakan penyelaman ke dasar Danau untuk mengevakuasi jenazah pilot.

Pukul 08.29 WIT - Jenazah Pilot Joyce Lin berhasil dievakuasi dari dalam badan pesawat dan dibawa ke permukaan air dan dinaikkan ke perahu yang telah disiapkan untuk mengevakuasi jenazah.

Pukul 08.35 WIT - Jenazah Pilot Capt Joyce Lin dibawa ke Dermaga Yahim untuk dievakuasi ke RS Bhayangkara, guna penanganan lebih lanjut.