Biodata Anita Kolopaking Kuasa Hukum Djoko Tjandra

Biografi Profil Biodata Anita Kolopaking wikipedia Pengacara Buron Djoko TjandraAnita Kolopaking yang bernama lengkap Anita Dewi Anggraeni Kolopaking lahir di Makassar, Sulawesi Selatan pada 28 September 1963. Anita termasuk advokat yang telah lama berkecimpung di dunia hukum Indonesia. 

Lulus sekolah menengah, dia melanjutkan pendidikan tinggi dan meraih gelar sarjana Teknologi Informasi di Sekolah Tinggi Informatika Gunadarma pada 1992. Dia juga mengambil pendidikan sarjana hukum di Universitas Indonesia pada 2001.

Gelar magister (S2) dan doktor (S3) hukum diperolehnya dari Universitas Padjadjaran, Bandung, Jawa Barat. Kariernya mula-mula bukan sebagai pengacara. Anita tercatat sebagai manajer Informatika & Teknologi pada PT Pusat informatika (1989-1992).

Dia kemudian bergabung di kantor hukum “Kalla, Kolopaking, Kristianto, Simatupang dan Tamzil & Partners”. Dalam perkembangannya dia mendirikan kantor hukum sendiri yaitu Anita Kolopaking & Partners.

Selain advokat, dia juga tercatat sebagai tenaga pengajar di beberapa kampus. Anita juga terdaftar sebagai Arbiter pada BANI Arbitration Centre.

Profil Anta Kolopaking:

Nama Lengkap: Anita Dewi Anggraeni Kolopaking.
Profesi: Advokat/akademisi

Pendidikan:
1. S1 Informatika TIK Universitas Gunadarma, 1992.
2. S1 Universitas Indonesia, 2001.
3. S2 Universitas Padjajaran, 2005.
4. S3 Universitas Padjajaran, 2009.

Karier:
1. Direktur Keuangan PT Prima Elok Nusantara (pengembang perumahan), 2004-2005.

2. Partner di kantor hukum “Kalla, Kolopaking, Kristianto, Simatupang dan Tamzil & Partners”, 2003-2005.
3. Managing Partner di kantor hukum “Kolopaking, Larasati & Partners”.
4. Managing Partner di kantor hukum “Anita Kolopaking & Partners”.
5. Arbiter di BANI Arbitration Center, 2008.
6. Dosen Fakultas Hukum.

Organisasi:
- Ketua Bidang Dana Pengurus Pusat Yatnawati Kertini/Business & Professional Women Indonesia berpusat di London, 2005-2009.
- Wakil Ketua Yayasan Lembaga Bantuan Hukum & Masalah Keluarga (YLBH & MK) Kongres Wanita Indonesia (Kowani), 2007-2010.
- Bendahara Masyarakat Hukum Pidana & Kriminologi (Mahupiki), 2008-2013.
Ketua Bidang Organisasi Alumni Fakultas Hukum Universitas Indonesia, 2008-2011.

Buku:
- Penyeludupan Hukum Kepemilikan Hak Milik Atas Tanah Indonesia, 2013.
- Asas Itikad Baik Dalam Penyelesaian Sengketa Kontrak Melalui Arbitrase, 2013.

Disertasi:
Kepemilikan Tanah Hak Milik oleh WNA dan Badan Hukum Dikaitkan dengan Penggunaan Nominee sebagai Bentuk Penyelundupan Hukum.

Anita Kolopaking adalah seorang pengacara dari buronan kasus korupsi Djoko Tjandra. Sejak terungkap Djoko Tjandra telah kembali ke Indonesia dan akhirnya kabur ke Malaysia, nama Anita jadi sorotan. Dia diduga membantu mengurus proses administrasi untuk memuluskan pergerakan terpidana kasus pengalihan hak tagih (cessie) Bank Bali tersebut.