Biography Dolphy atau Rodolfo Vera Quizon Sr.

Biografi Profil Biodata Biography Dolphy atau Rodolfo Vera Quizon Sr.Rodolfo Vera Quizon Sr. yang lahir 25 Juli 1928 dan meninggal 10 Juli 2012 pada umur 83 tahun, dikenal dengan nama panggung Dolphy, Pidol, dan Golay (1944), adalah seorang pelawak dan aktor Filipina. Ia secara luas dianggap sebagai raja komedi negara itu untuk bakat komedi yang diwujudkan oleh daftar karyanya yang panjang di panggung, radio, televisi dan film.

Rodolfo Vera Quizon Sr. lahir di Calle Padre Herrera (sekarang P. Herrera St.) di Tondo, Manila pada 25 Juli 1928. Ayahnya dari Bulacan, Melencio Quizon (d. 14 Mei 1972), adalah seorang pekerja mesin kapal dari Teluk Atlantik. Quizon yang lebih tua adalah putra dari Modesto Quizon dan Adorable Espinoza, yang kakek buyutnya adalah biarawan, dan ibu dari penjual kue beras. 

Ibunya, Salud Vera (d. 12 September 1986), adalah penjahit, dan putri dari Máximo de Vera y Limtico dan Lucila de la Rosa y Cordero. Dia memiliki empat saudara lelaki dan lima saudara perempuan. Quizon memanggil ayah dan ibunya sebagai "Papang" dan "Mamang", masing-masing  — seperti halnya saudara-saudaranya.