Hj. Ratu Munawaroh Istri Gubernur Zulkifli Nurdin

Biografi Profil Biodata Hj. Ratu Munawaroh Istri Gubernur Zulkifli NurdinHj. Ratu Munawaroh (lahir di Tasikmalaya, Jawa Barat, 30 Agustus 1977) adalah istri dari Alm. Zulkifli Nurdin, Gubernur Jambi periode 1999-2004 dan 2005-2010. Ratu sendiri menjabat sebagai Ketua Tim Penggerak PKK Provinsi Jambi selama almarhum suaminya masih menjabat sebagai Gubernur Jambi dua periode. Ratu juga pernah menjabat sebagai Anggota DPR-RI Fraksi Partai Amanat Nasional daerah pemilihan Jambi pada 2009-2010. Ratu Munawaroh merupakan ibu tiri dari Zumi Zola, Gubernur Jambi non aktif. Zumi Zola merupakan anak dari Zulkifli Nurdin dari pernikahan sebelumnya dengan Harmina Djohar.

Ratu Munawaroh yang berdarah Sunda berasal dari Tasikmalaya, Jawa Barat merupakan anak dari bapak Noor Cholis Tisnawan, B.A. dan ibu Siti Zubaedah. Ratu menikah dengan Zulkifli Nurdin pada tanggal 24 Agustus 1997 setelah ZN berpisah dari Harmina Djohar pada tahun 1994. Dari pernikahan tersebut, ZN dan Ratu dikaruniai dua orang anak, yaitu Amalia Shaslika Maharani (lahir di Jakarta, 8 Oktober 1998) dan Amalia Azra Maharani (lahir di Jakarta, 22 Januari 2001). Zulkifli Nurdin saat wafat meninggalkan lima orang anak yakni Zumi Zola, Zumi Laza, Zumi Zovtan, Amalia Saslika Maharani, Amalia Azra Maharani, Zumisha Nudia Zaquita.
Bakal Calon Wakil Gubernur Provinsi Jambi usungan PDI Perjuangan (PDIP) Hj Ratu Munawaroh mengikuti Pilkada Serentak 9 Desember 2020. Cawagub Jambi Hj Ratu Munawaroh Zulkifli ternyata punya daya magis dalam menarik calon pemilih, baik itu dari kalangan milenial, emak-emak, bahkan kalangan bapak-bapak. Tidak hanya soal pesona wajah yang tampak seperti masih berusia remaja, kecerdasan sang Cawagub yang berpasangan dengan Drs H Cek Endra (CE) juga cukup diakui di Bumi Sepucuk Jambi Sembilan Lurah. Diketahui Hj Ratu Munawaroh akan mendampingi H Cek Endra, Ketua DPD Golkar Provinsi Jambi maju sebagai bakal pasangan calon (Bapaslon) Pilkada Gubernur Provinsi Jambi koalisi Golkar-PDIP. Sebanyak 129 calon kepala daerah yang diusung PDI Perjuangan (PDIP) mengikuti Sekolah Partai Calon Kepala Daerah dan Wakil Kepala Daerah gelombang pertama untuk Pilkada Serentak 2020, yang dilaksanakan secara virtual, Jumat (21/8/2020).