Kolonel Inf Saiful Anwar - Danrem 132 / Tadulako

Biografi Profil Biodata Kolonel Inf Saiful Anwar - Danrem 132 / TadulakoKolonel Inf Saiful Anwar adalah Danrem 132/Tadulako yang merupakan sosok pemimpin yang bertanggung jawab tinggal di Jalan Suprapto Kota Palu. Komandan Resort Militer Tadulako, Kolonel Inf Syaiful Anwar merupakan putra asli Minangkabau, Sumatera Barat yang beralamat di Jorong Koto Gadang, Nagari Padang Ganting, Kecamatan Padang Ganting, Kabupaten Tanah Datar. Beliau menjadi salah satu korban tewas helikopter TNI AD yang jatuh di Poso.

Tanggung jawab Kolonel Inf Saiful Anwar terhadap kepentingan bangsa dan negara terbukti saat beliau wafat dalam menjalankan tugas operasi penumpasan terhadap kelompok sipil bersenjata di Poso pada Minggu sore sekira pukul 17.55 WITA di Poso. Helikopter yang mengangkut Danrem bersama rombongan hendak mendarat di bandara Kasiguncu Poso, namun diduga akibat cuaca buruk heli yang ditumpangi mengalami kecelakaan. Mereka dari Napu mau ke Poso. Begitu mau mendarat di Bandara Kasiguncu ternyata cuaca buruk.

Helikopter yang mengangkut 13 orang tersebut adalah Danrem 132 Tadulako Kolonel Inf. Saiful Anwar, Dandenpom Palu Letkol CPM Teddy S Prapat, Kol Inf Ontang (BIN), Kakesdim 1307 Poso Kapten CKM Yanto, Kolonel Heri Setiaji (Bais TNI). Selain itu ada juga Kapenrem 132/Tadulako Mayior Inf Fakih Rasyid dan Ajudan Danrem Prada Kiki. Sementara kru Penerbad yakni Kapten Pnb Agung (Pilot), Lettu Pnb Wirahadi (copilot), Letda Tito (copilot), Sertu Bagus Serda Karmin dan Pratu Bangkit.

Biografi Profil Biodata Kolonel Inf Saiful Anwar - Danrem 132 / TadulakoHeli tersebut jatuh sekitar pukul 17.40 WITA di kebun milik warga di Dusun Pattiro Bajo, Kelurahan Kasiguncu, Kecamatan Poso Pesisir, Kabupaten Poso, Sulawesi Tengah menyebabkan 11 korban jiwa. Salah satunya adalah Komandan Korem 132/Tadulako Kolonel Inf Syaiful Anwar. Helikopter tersebut jatuh sekira pukul 18.00 waktu setempat. Informasi yang diperoleh dari Poso menyebutkan, dari 13 penumpang termasuk Danrem 132 Tadulako Kolonel Saiful Anwar, ikut dalam helikopter.

Belum diketahui apa penyebab jatuhnya helikopter milik TNI Angakatan Darat tersebut. Dipasikan, seluruh penumpang helikopter meninggal dunia termasuk Danrem dan Kapenrem 132 Tadolako Mayor Faqih bersama tiga perwira menengah berpangkat kolonet TNI lainnya. “Helikopter tersebut jatuh di perkebunan warga di Desa Kasiguncu Poso tidak jauh dari Bandara Poso,” kata Wisnu, seorang saksi mata di Poso.

Dari 13 penumpang, baru 9 penumpang yang bisa dievakuasi - Sebelum jatuh Helikopter tersebut berangkat dari desa watutau Kecamatan Lore Tengah dengan membawa sejumlah perwira termasuk Danremdan Kapenrem menuju Kota Poso. Di Watutau Helikopter tersebut membantu aparat gabungan Operasi Tinombala untuk melakukan pengejaran terhadap Santoso cs.

#Lihat pula :

Profil Kapten Cpn Agung Pilot Helikopter Jatuh di Poso
Profil Letda Cpn Tito Co Pilot Helikopter Jatuh di Poso
Profil Kolonel Inf Ontang RP Korban Helikopter Jatuh di Poso
Profil Letnan Cpn Wiradi Korban Helikopter Jatuh di Poso