Biodata Yana Zein - Cinta di Langit Taj Mahal

Biografi Profil Biodata Yana Zein Kangker - Pemeran Cinta di Langit Taj MahalYana Zein (lahir di Moskwa, 27 Agustus 1969 – meninggal di Jakarta, 1 Juni 2017 pada umur 47 tahun) yang bernama lengkap Suryana Nurzaman Zein adalah aktris berkebangsaan Indonesia. Pada tahun 1993, Yana Zein pernah menikah dengan Fahmi Darmawansyah (sekarang suami dari Inneke Koesherawati), namun pernikahan mereka kandas. Memulai debut akting melalui film Cintaku di Rumah Susun (1987), Yana Zein tergolong ulet bertahan di dunia entertaiment. Yana Zein bisa disejajarkan dengan pemain lain yang telah menanjak, seperti Dessy Ratnasari, Paramitha Rusady dan lainnya. Perannya yang selalu antagonis mampu menarik mata penonton.

Yana pernah berperan sebagai ibu yang tak bertanggung jawab dalam sinetron Permataku pada tahun 1999. Sinetron ini dibintangi Paramitha Rusady, Panky Suwito, Anjasmara, Nafa Urbach, Primus Yustisio, dan Rizal Djibran. Setelah itu, Yana banyak main sebagai tokoh antagonis di sinetron. Termasuk untuk sinetron Doa dan Anugerah merupakan sebuah sinetron yang ditayangkan di Indosiar dari tahun 2002 hingga tahun 2003. Pemain utama di sinetron ini ialah Krisdayanti, Sukma Ayu, Anjasmara, Tabah Penemuan, Dwi Andhika, dan Kiki Nuryulianty. Yana berperan sebagai pemeran Irma dalam sinetron Doa dan Anugrah.

Cukup lama vakum dari akting setelah sinetron pada tahun 2003. Yana lantas kembali berakting di film Kutunggu Jandamu (2008) dan Susuk Pocong (2009). Yana juga kembali berakting di sinetron Anak Membawa Berkah pada tahun 2009. Sinetron terakhir yang dibintangi Yana Zein adalah Cinta di Langit Taj Mahal. Sinetron ini sangat populer karena dibintangi oleh Shaheer Sheikh, seorang pemeran utama Mahabharat dair India. Bersama dengan Nabila Syakieb, Yana Zein sebagai Ibu Priyanka di sinetron ini. Yana Zein lagi-lagi perannya adalah antagonis. Yana Zein sempat menjalani pengobatan di Guangzhou, China. Namun, sepulang dari China pada 28 Mei 2017, kondisinya makin menurun. Ia sempat mengalami koma, hingga akhirnya meninggal dunia pada tanggal 1 Juni 2017 di Rumah Sakit Mayapada, Jakarta Selatan.