Profil dan Biodata Jon Riah Ukur Jonru Ginting

Profil dan Biodata Jon Riah Ukur Jonru Ginting WikipediaJon Riah Ukur Jonru Ginting, atau akrab disapa Jonru memiliki ribuan penggemar di fanpage Facebook miliknya. Menurutnya, hal itu merupakan berkah dari niat baik untuk berdakwah tentang nilai-nilai kebajikan. Dia pun menepis tujuan dari niatnya mengkritik pemerintahan Joko Widodo (Jokowi), untuk mendapat simpatik sebanyak-banyaknya dari netizen. "Yang saya alami kan ketika saya kritik Jokowi yang simpati pada saya banyak, dan tujuan saya bukan itu. Saya seperti itu karena saya niat ini lho kebenaran, kalau fans banyak ya itu berkahnya," kata Jonru di SMKN 57 Pasar Minggu, Jakarta Selatan, Minggu (30/11). Ketika ditanya soal kecaman berbagai pihak lantaran menggunakan fanpage-nya sebagai ajang promosi, Jonru mengatakan hal itu adalah kesempatan alias aji mumpung yang harus digunakan.

Dia mengatakan, banyak pihak yang juga melakukan jurus aji mumpung seperti dirinya. Ia mencontohkan seorang artis, yang setelah tenar lantas memanfaatkan ketenaran dirinya untuk maju menjadi calon legislatif (caleg). "Itu biasa, namanya aji mumpung itu biasa. cuma niatnya apa? Ada artis seperti itu, setelah terkenal terus jadi caleg. Itu tergantung cara kita membahasakannya saja," terang kader PKS ini. Jonru, pria muallaf asal Karo Sumatera Utara itu menjadi melejit ketika momentum 2014. Fan page Jonru diserbu banyak liker hingga 7 ribuan ketika Jonru membuat postingan tentang gambar RI 1 Megawati, RI 2 Surya Paloh, RI 3 JK dan RI 4 Jokowi.

Kader Partai Keadilan Sejahtera (PKS) Jonru alias Jon Riah Ukur tidak ambil pusing, meski dirinya sering dibully di media sosial (medsos) lantaran postingannya yang mengundang kontroversi. Menurut pria yang memiliki ribuan fans page tersebut, seseorang yang menyampaikan kebenaran (dakwah) memang kerap menemui hujatan dari pihak-pihak tertentu. Ia mencontohkan dakwah Nabi Muhammad yang kerap diganggu lawan-lawannya. "Ya itu kan biasa sebenarnya, namanya orang menyampaikan kebenaran itu biasa. Dari zaman Rasulullah itu sudah gitu yang penting melatih mental saja. Karena minta mereka berhenti kan enggak mungkin," katanya di SMKN 57 Pasar Minggu Jakarta Selatan, Minggu (30/11).

Kendati demikian, Jonru mengaku dirinya kerap kali tak mampu membendung emosi manakala dihujat di medsos. "Ya sebagai manusia biasa emosi pasti ada ya saya berusaha untuk mengendalikan," katanya. Jonru mengakui dirinya tak segan-segan memblokir akun-akun yang kerap mem-bully dirinya. Menurutnya hal itu ia lakukan untuk menjaga emosinya agar tidak out of control. "Jadi saya jelaskan sedikit terkait sering blokir itu buat saya sendiri, bukan buat orang lain. Karena saya enggak kuat melihatnya maka saya blokir, itu biar saya tidak emosi," tukasnya.

Salah seorang kader Partai Keadilan Sejahtera (PKS) Jonru alias Jon Riah Ukur menggelar workshop jurnalistik dengan mengusung tema "Rahasia Sukses Menjadi Penulis", Minggu (30/11) di SMKN 57 Pasar Minggu Jakarta Selatan. Kader PKS yang sangat terkenal di media sosial tersebut mengatakan menulis dapat membangkitkan spirit jiwa manakala sedang lesu. Selain itu, dalam workshop yang diikuti 10 peserta itu, dirinya menceritakan sejumlah kiat-kiat untuk menjadi penulis produktif seperti rajin membaca dan tidak minder terhadap tulisan sendiri. "Menulis itu dapat membangkitkan jiwa kita, dan tidak perlu malu terhadap hasil tulisan sendiri, dan harus rajin membaca," paparnya kepada peserta workshop.