Profil Biodata KH Fahrurrozi Gubernur Tandingan

Biografi KH Fahrurrozi ishaq wikipediaFahrurrozi Ishak atau dieja juga sebagai Fahrurrozi Ishaq (lahir di Kampung Kober Ulu, Jatinegara, Jakarta Timur, 11 November 1954; umur 60 tahun) adalah ketua dari Gerakan Masyarakat Jakarta yang pada tanggal 1 Desember 2014 dilantik di depan gedung Dewan Perwakilan Rakyat Daerah DKI Jakarta sebagai Gubernur tandingan oleh Gerakan Masyarakat Jakarta dimana salah satu ormas yang tergabung dalam gerakan ini adalah Front Pembela Islam. Dengan menunjuk Fahrurrozi Ishak Gerakan Masyarakat Jakarta menganggap Gubernur Basuki Tjahaja Purnama tidak memiliki legitimasi lagi untuk memerintah.

Lahir 11 November 1954 (umur 60)
Kampung Kober Ulu, Jatinegara, Jakarta Timur
Kewarganegaraan Indonesia
Dikenal karena Gubernur Tandingan Daerah Khusus Ibukota Jakarta

DKI Jakarta dikabarkan memiliki dua gubernur. Pemilihan Gubernur DKI Jakarta terakhir dilakukan pada 2012. Pasangan Joko Widodo (Jokowi) dan Basuki Tjahaja Purnama (Ahok) mendapat suara terbanyak, mengalahkan incumbent Fauzi Bowo. Kursi gubernur diduduki Ahok setelah Jokowi menang dalam Pemilu Presiden 2014. Sejak saat itu penolakan bergulir karena kebijakan Ahok dinilai tidak memihak warga Betawi muslim.

Anggapan DKI memiliki dua gubernur muncul di media sosial setelah Gerakan Masyarakat Jakarta (GMJ) kembali menggelar aksi unjuk rasa di depan Gedung DPRD DKI Jakarta hari ini. Aksi kali ini berbeda dengan sebelumnya. Ada 'pelantikan' Gubernur DKI tandingan oleh gerakan yang terdiri dari 90 ormas Islam itu. Setelah melakukan rapat singkat, presidium penyelamat Jakarta akhirnya mengangkat Ketua GMJ KH Fakhrurozy sebagai Gubernur DKI Jakarta. Ada beberapa nama yang diajukan jadi presidium penyelamat Jakarta, lanjut Riziq diantaranya, KH Fakhrurozy, KH Aswi Munawir, KH Ahmad Baidawy dan beberapa tokoh yang hadir dalam apel akbar sejuta umat ini.

Setelah 10 menit berunding, Presidium Penyelamat Jakarta memilih KH Fakhrurozy sebagai gubernur DKI. Ia melanjutkan, keinginan masyarakat hendaknya diteruskan untuk itu Fakhrurozy minta anggota DPRD untuk gunakan interelasi hak angket untuk turunkan Ahok. Massa mempersiapkan diri untuk bergerak menuju ke depan kantor Balai Kota DKI Jakarta berniat menduduki dan mengusir Ahok dan mempersilakan Fakhrurozy menduduki Balai Kota.

Seperti pelantikan pada umumnya, Rozi mengucapkan janji untuk menjalankan amanahnya sebagai Gubernur DKI Jakarta tandingan. Siapa sebenarnya Fahrurrozi, hingga 90 ormas Islam menunjukkannya sebagai penanding Ahok. Fahrurrozi merupakan Ketua Gerakan Masyarakat Jakarta (GMJ) yang juga sekaligus anggota dari Forum Umat Islam (FUI). Ia juga tercatat sebagai Wakil Ketua Majelis Syariah DPP PPP periode 2011-2015. Ia merupakan sahabat imam besar Front Pembela Islam (FPI) Habib Rizieq Shihab.

Dukungan terhadap Fahrurrozi dikatakan Rizieq saat audiensi dengan fraksi oposisi yang kabarnya akan membentuk Koalisi Merah Putih (KMP) di Gedung DPRD DKI, Jakarta, Senin (10/11). Gubernur Jakarta tandingan, KH Fakrurozy akan mulai melakukan blusukan. Ia juga menjelaskan kepada awak media bahwa dirinya juga sudah memiliki kantor untuk bekerja sebagai gubernur. Fakhrurozy tidak ambil pusing saat ditanya legalitas dirinya sebagai gubernur.