Christopher Lee - Aktor The Lord of the Rings

Biografi Profil Biodata Christopher Lee - Aktor The Lord of the RingsChristopher Frank Carandini Lee, CBE, CStJ (lahir di Belgravia, Westminster, Inggris, 27 Mei 1922; umur 93 tahun) adalah aktor dan musisi Inggris. Lee pada awalnya sering memerankan tokoh jahat dan terkenal atas perannya sebagai Count Dracula dalam film Dracula. Perannya yang lain di antaranya sebagai Lord Summerisle dalam The Wicker Man (1973), Francisco Scaramanga dalam The Man with the Golden Gun (1974), Count Dooku dalam seri Star Wars, dan Saruman dalam Trilogi film The Lord of the Rings. Lee sendiri berpendapat bahwa peran terpentingnya adalah Muhammad Ali Jinnah, pendiri Pakistan dalam film Jinnah (1998). Lee telah bermain dalam 266 film sejak 1948, dan memperoleh gelar ksatria pada 2009.

Lahir Christopher Frank Carandini Lee
27 Mei 1922 (umur 93)
Belgravia, Westminster, Inggris
Pekerjaan Aktor, penyanyi
Tahun aktif 1948–sekarang
Pasangan Birgit Kroencke (1961-sekarang)

Dunia kembali berduka karena kehilangan insan berbakatnya di dunia perfilman. Aktor Hollywood senior, Christopher Lee, menghembuskan nafas terakhirnya di usia 93 tahun. Dilansir dari ComingSoon.net, Christopher Lee meninggal pada minggu pagi. Menurut laporan, pria yang juga penyanyi dan penulis ini sempat dirawat di rumah sakit London's Chelsea and Westminter karena gangguan pernapasan dan gagal jantung.

Berita tentang meninggalnya aktor HUGO ini sengaja dirilis ke media beberapa hari setelah kematiannya untuk menghormati permintaan istri Christopher Lee. Istri Christopher Lee memang ingin memberi tahu pihak keluarga terlebih dahulu baru kemudian mengumumkan kabar duka ini kepada publik.

Sosok Christopher Lee populer lewat peran horror Dracula. Mengawali karir di dunia seni peran lewat film romantis CORRIDOR OF MIRRORS tahun 1947, nama Christopher populer tahun 1950-an setelah tampil di film THE CURSE OF FRANKENSTEIN dan setahun kemudian jadi legenda setelah jadi pemeran utama dalam DRACULA.

Sosok Christopher Lee kemudian identik dengan film-film horror. Dia kembali berperan sebagai Dracula dalam DRACULA: PRINCE OF DRAKNESS, THE MUMMY (1959), RASPUTIN, THE MAD MONK, dan THE WICKER MAN. Selain jadi hantu dan penjahat, Christopher Lee juga pernah berperan sebagai sosok novel detektif terkenal Sherlock Holmes dalam SHERLOCK HOLMES AND THE DEADLY NECKLACE tahun1962.

Para penggemar film masa kini pasti lebih mengenal sosok Christopher Lee sebagai Saruman dalam trilogi LORD OF THE RINGS dan THE HOBBIT. Dia juga tampil sebagai Count Dooku di STAR WARS: EPISODE II ATTACK OF THE CLONES dan STAR WARSL EPISODE III REVENGE OF THE SITH. Film terakhir aktor asal Inggris, ANGELS IN NOTTING HILL, belum dirilis. Selamat jalan, Christopher Lee! Film serta karakter hebatmu akan selalu dikenang oleh pencinta film dunia.