Biografi Penyanyi R&B Aaliyah Dana Haughton

Biografi Profil Biodata Aaliyah Dana HaughtonAaliyah Dana Haughton (lahir 16 Januari 1979 – meninggal 25 Agustus 2001 pada umur 22 tahun) atau populer degan nama Aaliyah merupakan seorang penyanyi dan aktris berkebangsaan Amerika Serikat. Dia meraih penghargaan Grammy Award versi penyanyi, penari, model, dan aktris sampai kematiannya pada tahun 2001 akibat kecelakaan pesawat.

Nama lahir Aaliyah Dana Haughton
Lahir 16 Januari 1979
Brooklyn, Kota New York, New York, Amerika Serikat
Asal Detroit, Michigan, Amerika Serikat
Genre R&B, pop, hip hop
Pekerjaan Penyanyi, penari, aktris, model
Tahun aktif 1991–2001
Label Blackground, Jive, Atlantic, Virgin, Universal
Situs web www.aaliyah.com

Belantika musik dunia kehilangan seorang penyanyi R&B berbakat asal Amerika Serikat. Aaliyah, tewas dalam sebuah kecelakaan pesawat terbang seusai pengambilan gambar video klip di Kepulauan Bahamas, Karibia, Sabtu (25/8). Hingga saat ini, para petugas setempat masih menyelidiki penyebab kecelakaan tersebut.

Menurut seorang korban yang selamat, peristiwa itu terjadi ketika pesawat Cessna 402 hendak lepas landas di Bandar Udara Marsh. Namun, pesawat berawak delapan orang itu langsung jatuh terhempas di ujung landasan pacu. Juru bicara administrasi Penerbangan Federal AS mengatakan pesawat naas tersebut milik perusahaan penerbangan yang berbasis di Pembroke Pines, Florida.

Aaliyah, penyanyi yang baru berusia 22 tahun telah banyak mengukir prestasi. Di antaranya, pada usia 15 tahun, penyanyi kelahiran Detroit itu mampu menciptakan sensasi dengan album debutnya Age Ain`t Nothing But A Number. Bahkan dalam waktu singkat, lagu berjudul Try Again meraih penghargaan musik Amerika atau Grammy dan meraih nominasi penyanyi wanita R&B terbaik 2000. Selain itu juga Aaliyah pernah membintangi film berjudul Romeo Must Die bersama aktor asal Hong Kong Jet Li.