Profile Banksy - Seniman Jalanan asal Inggris

Biografi Profil Biodata Profile Banksy Biography Wikipedia - English Street ArtBanksy adalah seniman jalanan asal Inggris. Banksy terkenal dengan grafiti stensil berwarna hitam-putih di setiap dinding kota-kota besar. Karya-karyanya telah menjamur dan digemar para bomber seluruh dunia. Tidak banyak informasi yang dihimpun tentangnya. Hanya sebuah situs dengan alamat; http://www.banksy.co.uk, untuk mengenal Banksy sebuah website yang didaftarkan oleh Steve Lazarides, seorang fotografer.

Banksy, yang berasal dari Bristol di sebelah barat Inggris belum pernah mengungkap jati dirinya termasuk di situs resmi Banksy yang hanya berisikan galeri outdoor, disuguh karya seni rupa jalanan seperti graffiti, stencil, instalasi, hingga drama seni gerilya kota. Semua kerja seni Banksy seperti galibnya seni jalanan, adalah produk buru-buru. Sebagai produk ilegal, seni jalanan mengacuhkan sentuhan akhir nan sempurna. Presisi dan akurasi tidaklah penting. Yang utama adalah pesan dan kecepatan.

Kecepatan disini menandang fungsi yang berbeda dari kecepatan pelotot tube Affandi Koesoema dan sapuan Vincent Willem van Gogh. Niatan kedua maestro adalah demi mengejar ekspresi dan emosi, tapi bagi Banksy demi menghindari kejaran petugas yang ekspresinya penuh emosi. Karena itu kertas mal ataupun cat semprot menjadi senjata utama Banksy dan para Bomber (sebutan bagi seniman jalanan penyemprot cat).

Karya Banksy, dengan berbagai teknik dan/atau media apapun yang digunakannya, pantaslah disebut sebagai bentuk karya perlawanan budaya. Topik yang acap diangkatnya berada disekitar semangat anti perang, anti kapitalisme, dan anti kemapanan. Pesannya tak tampak dipaksakan untuk didengar, tidak berteriak. Bahkan saya merasakan suasana humor yang parodik, kadang puitis di sana.

Selamat Datang di 'Dismaland' ala Banksy! - Akhir Agustus ini, seniman jalanan asal Inggris Banksy kembali menghebohkan penggemar dan pecinta seni dengan pameran tunggal di sebuah bekas taman bermain! Berada di pinggir laut Weston-super-Mare bagian selatan Inggris, dari kejauhan tampak plang bertuliskan, "Selamat datang di Dismaland". Perempuan yang memakai bando telinga Mickey Mouse menyambut di gerbang depan.

Kastil tua nan suram yang di depannya ada patung Mermaid juga akan menyapa para pengunjung. Berkonsep seperti 'Disneyland', Banksy membukanya secara resmi akhir pekan ini. Ada 4000 tiket harian yang disediakan penyelenggara. Eksibisi yang dianggap terbesar dari Banksy ini tentu saja akan meninggalkan kritik sosial, politik dan humor dari karya-karyanya. Seperti biasa Banksy tidak hadir saat preview bagi awak media. Namun, digantikan oleh seniman Jeff Gillette yang menjelaskannya. "Dismaland' berlangsung dari 21 Agustus hingga 27 September mendatang!