Siti Rahmani Rauf - Penulis Buku Ini Budi

Biografi Profil Biodata Siti Rahmani Rauf - Penulis Buku Ini BudiSiti Rahmani Rauf yang lahir di Padang, Hindia Belanda, 5 Juni 1919; umur 96 tahun adalah seorang pendidik dan penulis buku peraga pelajaran Bahasa Indonesia Ini Budi pada era 1980-an dengan menggunakan tokoh Budi yang kemudian menjadi terkenal di Indonesia. Metode pembelajaran bahasa yang sekaligus menggunakan alat peraga, yang disebut Struktur Analitik Sintesis (SAS) Bahasa Indonesia tersebut dianggap menyenangkan bagi siswa SD pada masa itu sehingga membantu para murid menjadi lebih cepat bisa membaca.

Buku peraga Ini Budi yang sangat populer itu kemudian digunakan di hampir seluruh kota di Indonesia. "Ini Budi, ini ibu Budi, ini bapak Budi" menjadi kalimat yang terkenal pada era 1980 - 1990-an. Siti Rahmani yang telah mengajar sebagai guru sejak tahun 1937 itu mengerjakan buku tersebut pada awal tahun 1980-an setelah ditawarkan oleh Departemen Pendidikan dan Kebudayaan, ketika ia sudah pensiun sebagai Kepala Sekolah SDN Tanah Abang 5, Jakarta Pusat, pada tahun 1976. Tawaran tersebut ia terima tanpa meminta bayaran, semata-mata karena kecintaannya pada dunia pendidikan.

Biografi Profil Biodata Siti Rahmani Rauf - Penulis Buku Ini BudiPenulis buku pelajaran SD berjudul 'Ini Budi', Siti Rahmani Rauf meninggal dunia pada Selasa (10/5) malam pukul 21.20 WIB. Wanita yang akrab disapa Nenek Rauf itu, meninggal akibat penyakit diabetes yang diderita sekira dari 30 tahun. "Ibu meninggal sakit gula sudah 30 tahun," kata anak ketiga Nenek Rauf, Karmeni Rauf dalam pesan singkat pada Republika.co.id, Rabu (11/5). Ia menjelaskan, almarhumah meninggal dalam usia 97 tahun di kediamannya di Tanah Abang, Jakarta Pusat. Karmeni mengatakan rencananya penulis buku 'Ini Budi' akan dimakamkan di TPU Karet Bivak setelah shalat Dzuhur.

Karmeni mewakili keluarga, meminta maaf atas segala kesalahan almarhumah. "Kami dari, pihak keluarga mohon dibukakan pintu maaf sebesar-besarnya. Semoga almarhumah diterima di sisi-Nya," ujarnya. Diketahui, pada 1980-an, Siti Rahmani Rauf dikenal sebagai penulis buku berjudul 'Ini Budi'. Karyanya tersebut menjadi buku pelajaran wajib bagi siswa SD. Tak dipungkiri jika buku belajar membaca era tahun 1980-an 'Ini Budi' begitu melegenda. Hingga kini bila mendengar nama Budi orang akan teringat dengan buku pelajaran Bahasa Indonesia. Begitu buku tersebut ditawarkan ke percetakan PT Yudi Kiki Kencana, langsung mencetak ribuan eksemplar. Bahkan, buku tersebut kerap dicetak ulang hingga masuk tahun 1990-an. Buku bersampul coklat tersebut disebar ke Pulau Jawa dan Sumatera.