Biografi Mangara M. Siahaan - Politisi PDIP

Biografi Profil Biodata Mangara M. Siahaan - Fanti Cimahi Q Academy 2016 IndosiarMangara M. Siahaan (lahir di Pematangsiantar, Sumatera Utara, 19 April 1947; umur 69 tahun) adalah Anggota DPR-RI periode 2009-2014 anggota fraksi PDI-P, asal Daerah Pemilihan Jawa Tengah V. Mangara Siahaan sebelum terjun ke dunia politik merupakan seorang aktor dan wartawan.

Kabar duka menyelimuti Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan. Salah seorang politisi senior PDI-P, Mangara Siahaan, wafat pada Jumat (3/6/2016). Kabar wafatnya Mangara dibenarkan politisi PDI Perjuangan, Eva Sundari. Mangara menghembuskan nafas terakhir setelah beberapa hari dirawat dan sempat masuk ICU di RS Siloam, TB Simatupang, Jumat dini hari. "Setelah dari RS Siloam, jenazah almarhum Bapak Mangara Siahaan akan disemayamkan di Kantor DPP PDI Perjuangan di Jl Lenteng Agung Raya 99, Jakarta Selatan," kata Eva dalam pesan singkatnya.

Sekjen PDI Perjuangan Hasto Kristiyanto menyebut, Mangara sebagai sosok yang sangat setia kepada partai dan Ketua Umum Megawati Soekarnoputri. Terutama, ketika Megawati menghadapi masa-masa sulit di masa Orde Baru. "Kesetiaan tiada akhir baik kepada Ibu Megawati Soekarnoputri, maupun kepada PDI Perjuangan, menjadikan Pak Mangara sebagai sosok dengan pemahaman terlengkap terhadap perjuangangan Ibu Megawati Soekarnoputri," kata Hasto.

Mangara pernah menjadi anggota MPR dan Wakil Sekjen PDI Perjuangan selama dua periode. Kedekatan dan rekam jejak Mangara pun turut ditulis di dalam Buku Megawati Dalam Catatan Wartawan: Menangis dan Tertawa Bersama Rakyat. "Ibu Megawati Soekarnoputri sungguh merasa kehilangan teman pejuang terbaik dan seluruh jajaran Partai diinstruksikan untuk menghormati Pak Mangara sebagai pejuang partai. Kami akan memberikan penghormatan terbaik sebagai pejuang partai," kata dia.