Profil Biodata Siti Aisyah dan Kim Jong-Nam

Biografi Profil Biodata Siti Aisyah Malaysia - Kim Jong-Nam Korea UtaraSiti Aisyah wanita 25 tahun Warga Negara Indonesia (WNI) asal Serang menjadi tersangka pembunuhan Kim Jong-Nam, kakak tiri pemimpin Korea Utara (Korut) Kim Jong-Un yang terekam CCTV Bandara Internasional Kuala Lumpur (KLIA) sehari sebelum beraksi. Jong-Nam (46) diserang di terminal KLIA2 pada Senin (13/2) pagi, saat menunggu penerbangan ke Macau. Menurut kepolisian Malaysia, Jong-Nam mengaku pusing setelah merasa ada seseorang menyergapnya dari belakang. Dia meninggal dunia dalam perjalanan ke rumah sakit.

Penyerang Jong-Nam dicurigai sebagai dua wanita agen Korut, namun belum ada keterangan resmi terkait hal itu. Yang jelas, aksi penyerangan Jong-Nam sempat terekam CCTV bandara pada hari pembunuhan, 13 Februari. Momen penyerangan Jong-Nam terjadi dalam 5 detik. NST menyebut rekaman CCTV menunjukkan Jong-Nam sedang berdiri di kerumunan beberapa orang di depan area self check-in KLIA2, saat diserang. Dalam waktu 5 detik, satu pelaku berdiri di depan kakak tiri Kim Jong-Un itu untuk mengalihkan perhatian. Kemudian satu pelaku lainnya, yang berdiri membayangi di belakang Jong-Nam, mengaitkan lengannya ke leher Jong-Nam untuk memasukkan racun.

Berbagai laporan menyebut pelaku membekapkan kain yang diberi zat kimia mematikan ke wajah Jong-Nam. Laporan lain menyebut pelaku memasukkan racun dengan jarum suntik ke leher Jong-Nam. Sumber otoritas Amerika Serikat (AS) menyebut, pena khusus digunakan untuk menyemprotkan racun ke wajah Jong-Nam. Belum ada keterangan resmi terkait spekulasi itu. Sejauh ini sudah tiga orang ditangkap terkait kematian Kim Jong-Nam, kakak tiri pemimpin Korea Utara (Korut) Kim Jong-Un. Dua di antaranya wanita yang diduga terlibat dalam kematian mendadak Jong-Nam. Kepolisian Malaysia telah memastikan dua wanita yang ditangkap. Namun peran keduanya dalam kematian Jong-Nam juga belum dijelaskan secara menyeluruh.

Wanita berkaos 'LOL' saat terekam CCTV bandara Kuala Lumpur pada hari kejadian. Polisi Malaysia menyebut, wanita pertama yang terekam CCTV sebagai wanita berambut pendek dan berkaos 'LOL', ditangkap pada Rabu (15/2) pagi di Bandara Internasional Kuala Lumpur (KLIA) saat hendak terbang ke Vietnam. Foto wanita itu yang diambil dari rekaman CCTV, telah dirilis polisi ke publik. Wanita itu sedang sendirian saat ditangkap polisi dan kedapatan membawa dokumen perjalanan asal Vietnam, atas nama Doan Thi Huong. Keaslian dokumen itu belum dipastikan oleh kepolisian Malaysia. Otoritas Vietnam menyatakan masih melakukan pemeriksaan.

Sehari setelahnya, atau pada Kamis (16/2) dini hari, wanita kedua yang juga terekam CCTV bandara ditangkap kepolisian Malaysia. Namun kepolisian Malaysia belum merilis foto wanita kedua itu. Tidak dijelaskan juga lokasi penangkapan wanita kedua ini. Polisi Malaysia hanya menyebut bahwa wanita ini ditangkap terkait penyelidikan kematian Jong-Nam. Wanita kedua ini kedapatan membawa paspor Indonesia atas nama Siti Aisyah. Informasi dalam paspor itu menyebut dia lahir di Serang pada 11 Februari 1992. Keterlibatan perempuan Indonesia asal Serang, Siti Aisyah, pun masih menjadi teka-teki.