Profil Biodata Kim Jong-nam - Putra Kim Jong-il

Biografi Profil Biodata Kim Jong-nam Wikipedia - Putra Kim Jong-il Pemimpin Korea UtaraKim Jong-nam (Korean: 김정남, Hanja: 金正男) (lahir di Pyongyang, Korea Utara, 10 Juni 1970 – meninggal di Kuala Lumpur, Malaysia, 13 Februari 2017 pada umur 46 tahun) namanya berarti Rightman Gold adalah putra Kim Jong-il, mantan pemimpin Korea Utara dari Song Hye-rim seorang artis Korea Utara terkenal. Kim Jong-Nam merupakan kakak tiri pemimpin Korea Utara (Korut) saat ini yaitu Kim Jong-Un.

Ayahnya Kim Jong-Il adalah anak dari Kim Il-sung dan Kim Jong Suk. Dia memiliki seorang adik perempuan bernama Kim Kyong Hui yang menikah dengan Chang Sung Taek. Kim Jong-Il memiliki empat istri, yaitu Song Hye-rim, seorang artis Korea Utara terkenal; Kim Young-suk; Ko Young-hee, artis penari etnis Korea kelahiran Jepang; dan Kim Ok. Kim Jong-Il memiliki empat orang anak, yaitu Kim Jong Nam (dari Song Hye-rim), Kim Sul-song (dari Kim Young-suk), serta Kim Jong Chul dan Kim Jong-un (keduanya dari Ko Young-hee).

Biografi Profil Biodata Kim Jong-nam Wikipedia - Putra Kim Jong-il Pemimpin Korea UtaraSaudara tiri tertua Kim Jong-un, Kim Jong-nam, lebih difavoritkan untuk menjadi penerus ayahnya. Namun, hal ini berubah pada tahun 2001 setelah King Jong-nam tertangkap sedang bepergian ke Jepang dengan menggunakan paspor palsu untuk mengunjungi Tokyo Disneyland. Dari sekitar 1994 hingga 2001, ia itu dianggap sebagai pewaris ayahnya dan pemimpin berikutnya Korea Utara. Setelah usaha yang gagal banyak dipublikasikan untuk memasuki Jepang menggunakan paspor palsu dan mengunjungi Tokyo Disneyland pada Mei 2001, ia diduga telah jatuh dari nikmat dengan ayahnya.

Dari setidaknya 2003 dan seterusnya, Kim Jong-nam tinggal di pengasingan di luar Korea Utara. Yang lebih muda ayah tiri Kim Jong-un bernama pewaris pada September 2010. Di pengasingan, Kim dikenal sebagai kritikus sesekali rezim keluarganya dan advokat untuk reformasi. Kim Jong-nam meninggal di Malaysia pada Februari 2017 dalam keadaan mencurigakan. Hal ini diyakini bahwa ia dibunuh oleh dua wanita, berspekulasi menjadi agen Korea Utara, di bandara menggunakan racun. Dia bepergian dengan nama "Kim Chol" pada saat itu.