Oskar Wilhelm Fischinger yang lahir 22 Juni 1900 dan meninggal 31 Januari 1967 adalah seorang animator, pembuat film, dan pelukis abstrak Jerman-Amerika, terkenal karena menciptakan animasi musik abstrak beberapa dekade sebelum munculnya grafis komputer dan video musik. Dia menciptakan efek khusus untuk Fritz Lang 1929 Woman In The Moon, salah satu film roket sci-fi pertama. Dia membuat lebih dari 50 film pendek, dan melukis sekitar 800 kanvas, banyak di antaranya ada di museum, galeri dan koleksi di seluruh dunia. Di antara karya filmnya adalah Motion Painting No. 1 ( 1947 ), yang sekarang terdaftar di National Film Registry dari Perpustakaan Kongres AS. Fischinger magang di sebuah perusahaan pembuat organ setelah dia selesai sekolah sampai pemiliknya dikonsepkan ke dalam perang.
Tahun berikutnya ia bekerja sebagai juru gambar di kantor arsitek, sampai ia juga dipanggil untuk bertugas. Namun, karena dia terlalu 'tidak sehat', dia ditolak dari tugas tempur. Setelah perang, keluarga Fischinger bergerak ke barat menuju Frankfurt. Di sana, Fischinger menghadiri sebuah sekolah perdagangan dan bekerja sebagai magang, akhirnya mendapatkan ijazah insinyur. Di Frankfurt, Fischinger bertemu dengan kritikus teater Bernhard Diebold , yang pada tahun 1921 mengenalkan Fischinger kepada karya dan tokoh Walter Ruttmann , seorang pelopor dalam film abstrak. Terinspirasi oleh karya Ruttmann, Fischinger mulai bereksperimen dengan cairan berwarna dan bahan pemodelan tiga dimensi seperti lilin dan tanah liat. Dia menemukan "Mesin Slicing Wax", yang menyinkronkan alat pengiris vertikal dengan rana kamera kamera, memungkinkan pencitraan efisien penampang melintang progresif melalui panjang lilin dan tanah liat yang dicetak.
Fischinger menulis surat kepada Ruttmann tentang mesinnya, yang menyatakan minatnya. Pindah ke Munich , Fischinger melisensikan mesin pengiris lilin ke Ruttmann, yang menggunakannya untuk membuat latar belakang film Lohan Reiniger's Prince Achmed. Selama ini Fischinger banyak melakukan tes abstrak menggunakan mesinnya. Beberapa di antaranya didistribusikan hari ini di bawah judul percobaan Wax yang ditugaskan. Fischinger meninggal di Los Angeles pada tahun 1967. Banyak informasi yang tidak akurat terus dipublikasikan tentang Fischinger, sebagian besar diambil dari sumber yang sudah puluhan tahun, sering diulang secara online. Pada tahun 1924, Fischinger dipekerjakan oleh pengusaha Amerika Louis Seel untuk memproduksi kartun satiris yang cenderung mengarah pada penonton dewasa.
Dia juga membuat film abstrak dan tesnya sendiri, mencoba teknik baru dan berbeda, termasuk penggunaan beberapa proyektor. "Pada tahun 1926 dan 1927, Fischinger menampilkan banyak film proyektornya sendiri dengan berbagai iringan musik. Pertunjukan ini berjudul Fieber ( Fever ), Vakuum , Macht ( Power ) dan kemudian, R-1 ein Formspiel ". Pada tahun 2012, sebuah acara layar ganda, "Raumlichtkunst," dari seri yang pertama kali diadakan di Jerman pada tahun 1926, direkonstruksi oleh Center for Visual Music dan dipamerkan di Whitney Museum dan Tate Modern, London. Menghadapi kesulitan keuangan, Fischinger meminjam dari keluarganya, dan kemudian sang induk semang. Akhirnya, dalam usaha untuk melepaskan diri dari penagih tagihan, Fischinger memutuskan untuk diam-diam meninggalkan Munich ke Berlin pada bulan Juni 1927. Dengan hanya menggunakan peralatan vitalnya, dia berjalan sejauh 350 mil melintasi pedesaan, menembak bingkai tunggal yang dilepaskan beberapa dekade kemudian saat film Walking from Munich ke Berlin.