Biography Albert (Elea) Namatjira - Artist Aborigin

Biografi Profil Biodata Biography Albert (Elea) Namatjira - Artist AboriginAlbert Namatjira (28 Juli 1902 - 8 Agustus 1959), lahirlah Elea Namatjira , adalah seorang seniman Aborigin dari Arrernte Barat dari MacDonnell Ranges di Australia Tengah . Sebagai pelopor seni Adat Australia kontemporer , dia adalah orang Australia asli yang paling terkenal dari generasinya. Lahir dan dibesarkan di Misi Lutheran Hermannsburg di luar Alice Springs , Namatjira menunjukkan minat pada seni sejak usia dini, tapi baru pada tahun 1934 (umur 32), di bawah pengawasan Rex Battarbee , dia mulai melukis dengan serius.

Biografi Profil Biodata Biography Albert (Elea) Namatjira - Artist AboriginNamatjira yang kaya akan seni, cat air seni yang terkenal dari pedalaman berangkat secara signifikan dari desain dan simbol abstrak seni Aborigin tradisional, dan mengilhami Hermannsburg School of painting. Ia menjadi nama rumah tangga di Australia dan reproduksi karyanya tergantung di banyak rumah di seantero negeri. Sebagai seniman Aborigin pertama yang menonjol untuk bekerja dalam idiom modern, pada saat itu dia secara luas dianggap mewakili kebijakan asimilasi yang berhasil.

Biografi Profil Biodata Biography Albert (Elea) Namatjira - Artist AboriginNamatjira adalah orang Aborigin Teritorial Utara pertama yang dibebaskan dari pembatasan yang membuat orang-orang Aborigin berada di lingkungan Negara Bagian . Pada tahun 1957, ia menjadi orang Aborigin pertama yang diberi kewarganegaraan Australia yang dibatasi, yang mengizinkannya memilih, memiliki hak atas tanah terbatas dan membeli alkohol. Pada tahun 1956 potretnya, oleh William Dargie , menjadi orang pertama Aborigin yang memenangkan Hadiah Archibald . Namatjira juga dianugerahi Medali Penobatan Ratu pada tahun 1953, dan mendapat penghargaan dengan cap perangko Australia pada tahun 1968.