Roger Federer - Marin Cilic - Tomas Berdych

Biografi Profil Biodata Roger Federer - Marin Cilic - Tomas BerdychRoger Federer yang lahir di Binningen (dekat Basel), Swiss, 8 Agustus 1981; umur 35 tahun adalah seorang petenis asal Swiss. Ia adalah salah satu petenis terbaik di dunia saat ini, dan menempati peringkat pertama dunia dari 2 Februari 2004 hingga 18 Agustus 2008 dan kemudian dari 6 Juli 2009 hingga kini. Ia adalah pemegang rekor gelar Grand Slam tunggal putra terbanyak sepanjang sejarah dengan 17 gelar. Banyak dari kalangan komentator, analis, petenis aktif, dan mantan petenis menganggapnya sebagai petenis terbaik sepanjang masa.

Wimbledon adalah sebuah turnamen tenis terkemuka yang diselenggarakan selama sekitar dua minggu pada bulan Juni atau Juli setiap tahunnya. Turnamen ini diadakan di atas lapangan rumput dan merupakan salah satu dari empat turnamen Grand Slam. Diselenggarakan untuk pertama kalinya pada tahun 1877 oleh All England Lawn Tennis and Croquet Club di Wimbledon, London, saat itu hanya ada pertandingan dalam nomor tunggal putra. Kemudian pada tahun 1884, nomor tunggal putri dan ganda putra mulai dipertandingkan. Seperti turnamen Grand Slam lainnya, Wimbledon hanya diikuti pemain-pemain amatir hingga era "terbuka" dimulai pada tahun 1968. Hal yang menarik adalah tidak ada juara dari Britania Raya dalam nomor tunggal putra sejak Fred Perry menjadi juara pada tahun 1936, dan tidak ada juara dari Britania Raya dalam nomor tunggal putri sejak Virginia Wade menjadi juara pada tahun 1977.

Biografi Profil Biodata Roger Federer - Marin Cilic - Tomas BerdychMarin Čilić yang lahir 28 September 1988; umur 28 tahun adalah pemain tenis profesional berkebangsaan Kroasia. Peringkat tertinggi yang pernah diraihnya adalah peringkat ke-9 yang diraih pada tanggal 22 Februari 2010, seiring dengan penampilan terbaiknya di Australia Terbuka, dengan meraih babak semifinal. Čilić memulai kariernya di usia yang sangat muda; dan bakatnya yang luar biasa membuat para pelatih lokal menyarankannya untuk berlatih di Zagreb. Dari situlah, ia mulai berteman dengan Goran Ivanišević dan mulai berkenalan dengan pelatihnya sekarang, Bob Brett.

Pada tahun 2005, ia mulai terjun profesional, beberapa saat setelah kemenangannya di Perancis Terbuka 2005 kategori tunggal remaja putra. Marin Cilic Petenis Kroasia merebut tiket final Wimbledon untuk kali pertama sepanjang kariernya. Di semifinal yang berlangsung di lapangan utama All England Club, Jumat (14/7/2017) malam, Cilic harus bersusah payah menghentikan laju Sam Querrey dalam pertarungan empat set. Jika berhasil menjadi juara, Cilic akan jadi petenis Kroasia kedua setelah sebelumnya pernah direngkuh mantan pelatihnya, Goran Ivanisevic pada 2001 silam. Di final, Cilic menantikan pemenang antara Roger Federer dan Tomas Berdych.

Biografi Profil Biodata Roger Federer - Marin Cilic - Tomas BerdychTomáš Berdych lahir di Valašské Meziříčí, Cekoslowakia, 17 September 1985; umur 31 tahun adalah pemain tenis dari Republik Ceko. Prestasi terbaiknya adalah mencapai babak final grand slam Wimbledon 2010, dan babak semifinal Prancis Terbuka 2010. Maju ke Semifinal Wimbledon 2017, Tomas Berdych Tak Sabar Bertemu Roger Federer. Keduanya akan saling bertemu untuk memperebutkan tiket final pada Jumat 14 Juli 2017.

Pertemuan keduanya kali ini akan menjadi laga ketiga bagi mereka untuk bertarung pada tahun ini. Sebelumnya, tercatat dua kali mereka pernah bertemu di Australia Open 2017 dan ATP World Tour Masters 1000 Miami 2017. Namun, dalam dua pertemuan tersebut, Berdych selalu mengalami kekalahan. Pertemuannya di Australia Open ia kalah dengan tiga set langsung (2-6, 4-6, dan 4-6), sementara pada Miami ia sempat memberi perlawanan dengan merebut satu set dari Federer (2-6, 6-3, dan 6(6)-7).