Profil Maryam Mirzakhani Matematikawan Iran

Biografi Profil Biodata Maryam Mirzakhani Biography - Matematikawan Fields MedalMaryam Mirzakhani yang lahir Mei 1977 adalah matematikawan Iran dan dosen matematika di Universitas Stanford. Bidang penelitiannya meliputi teori Teichmüller, geometri hiperbola, teori ergodik, dan teori simplektik. Pada tahun 2014, Mirzakhani menjadi wanita pertama yang sekaligus orang Iran pertama yang memenangkan Fields Medal. Mirzakhani mulai dikenal di dunia internasional setelah memenangkan medali emas di Olimpiade Matematika Internasional 1994 (Hong Kong) dan Olimpiade Matematika Internasional 1995 (Toronto). Di Olimpiade Toronto, ia merupakan siswi Iran pertama yang lolos dengan nilai sempurna.

Biografi Profil Biodata Maryam Mirzakhani Biography - Matematikawan Fields MedalMirzakhani bersekolah di Farzanegan, National Organization for Development of Exceptional Talents (NODET), di Teheran, Iran. Pada tahun 1999, ia mendapat gelar BSc di bidang matematika dari Universitas Teknologi Sharif Teheran. Tahun 2004, ia mendapat gelar PhD dari Universitas Harvard di bawah bimbingan Curtis McMullen, salah satu pemenang Fields Medal. Pada tahun yang sama, ia menjadi peneliti di Clay Mathematics Institute dan dosen di Universitas Princeton. Ia menikah dengan Jan Vondrak, seorang ilmuwan komputer teori. Mereka dikaruniai seorang putri bernama Anahita. Mirzakhani dianugerahi Fields Medal pada tahun 2014 atas "kontribusinya yang berharga untuk dinamika dan geometri permukaan Riemann beserta ruang-ruang modulinya".

Biografi Profil Biodata Maryam Mirzakhani Biography - Matematikawan Fields MedalMirzakhani telah memberikan banyak sumbangan untuk teori ruang moduli permukaan Riemann. Pada penelitian awalnya, Mirzakhani menemukan rumus yang menyatakan volume suatu ruang moduli bergenus khas sebagai polinomial dalam jumlah komponen batas. Temuan ini membuatnya mampu mendapatkan bukti baru untuk konjektur Edward Witten mengenai bilangan irisan kelas tautologi di ruang moduli, serta rumus asimtot untuk mencari panjang geodesika tertutup yang sederhana pada permukaan hiperbola padat. Penelitian selanjutnya berfokus pada dinamika Teichmüller di ruang moduli. Ia berhasil membuktikan konjektur lama yang menunjukkan bahwa alur gempa William Thurston di ruang Teichmüller bersifat ergodik.