Selena Quintanilla Biography Queen of Tejano

Biografi Profil Biodata Selena Quintanilla Biography Queen of TejanoSelena Quintanilla-Pérez (lahir 16 April 1971 – meninggal 31 Maret 1995 pada umur 23 tahun), dikenal juga dengan nama Selena, penyanyi-penulis lagu Amerika-Meksiko. Ia telah mengeluarkan beberapa album seperti Preciosa (1988), Entre a Mi Mundo (1992) dan Dreaming of You (1995). Disebut musisi Ratu Tejano, kontribusinya terhadap musik dan fashion menjadikannya salah satu penghibur Meksiko-Amerika paling terkenal di akhir abad ke-20. Majalah Billboard menamakannya artis latin terlaris tahun 1990an, sementara kolaborasi anumerta dengan kosmetik MAC menjadi koleksi selebriti terlaris dalam sejarah kosmetik. Media memanggilnya "Tejano Madonna " untuk pilihan pakaiannya. Dia juga termasuk di antara seniman Latin paling berpengaruh sepanjang masa dan dikreditkan untuk melontarkan genre musik ke pasar mainstream.

Anak bungsu dari keluarga Quintanilla, dia memulai debutnya di panggung musik pada tahun 1980 sebagai anggota band Selena y Los Dinos , yang juga termasuk saudara kembarnya AB Quintanilla dan Suzette Quintanilla . Selena mulai merekam secara profesional pada tahun 1982. Pada tahun 1980an, dia sering dikritik dan ditolak pemesanan di tempat-tempat di Texas karena melakukan musik Tejano - genre musik yang didominasi laki-laki. Namun, popularitasnya tumbuh setelah dia memenangkan Tejano Music Award untuk Vokalis Wanita Tahun Ini pada tahun 1987, yang dia dapatkan sembilan kali berturut-turut. Selena menandatangani kontrak dengan EMI Latin pada tahun 1989 dan merilis album debutnya pada tahun yang sama, sementara saudaranya menjadi produser musik dan penulis lagu utamanya.

Selena merilis Entre a Mi Mundo (1992), yang memuncak di nomor satu di tangga lagu Billboard Regional Mexican Albums selama delapan bulan berturut-turut. Sukses komersial album tersebut membuat para kritikus musik menyebutnya "terobosan" rekaman karir musiknya. Salah satu singlenya, " Como la Flor ", menjadi salah satu lagunya yang paling populer. Hidup! (1993) memenangkan Best Mexican / American Album di Grammy Awards 1994 , yang menjadi rekaman pertama oleh artis Tejano wanita untuk melakukannya. Pada tahun 1994, Selena merilis Amor Prohibido , yang menjadi salah satu album terlaris di Amerika Serikat . Ini secara kritis diakui sebagai bertanggung jawab atas era musik Tejano yang pertama yang dipasarkan karena menjadi salah satu subgenre musik Latin yang paling populer saat itu. Amor Prohibido telah masuk dalam daftar rekaman Latin paling penting dalam 50 tahun terakhir oleh majalah Billboard sementara publikasi tersebut mencantumkannya dalam daftar 100 album teratas sepanjang masa. Ini menduduki peringkat nomor 19 dalam daftar NPR dari 150 album terbesar yang dibuat oleh wanita.

Selain musik, Selena aktif di komunitasnya dan menyumbangkan waktunya untuk menimbulkan masalah kewarganegaraan. Coca-Cola menunjuk juru bicaranya di Texas. Selena menjadi ikon; dia sering dikritik karena mengenakan pakaian sugestif mengingat komentarnya tentang menjadi teladan bagi wanita muda. Selena dan gitarisnya, Chris Pérez , kawin lari pada bulan April 1992 setelah ayahnya menimbulkan kekhawatiran atas hubungan mereka. Pada tanggal 31 Maret 1995, Selena ditembak dan dibunuh oleh Yolanda Saldívar , temannya dan mantan manajer butik Selena Etc. Saldívar terpojok oleh polisi saat dia berusaha melarikan diri, dan mengancam akan bunuh diri, namun yakin untuk menyerahkan dirinya dan dijatuhi hukuman penjara seumur hidup dengan kemungkinan pembebasan bersyarat setelah 30 tahun. Dua minggu kemudian, George W. Bush - gubernur Texas pada saat itu - mengumumkan ulang tahun Selena Selena Day di Texas. Album crossover anumerta, Dreaming of You (1995), memulai debutnya di atas Billboard 200 , membuat Selena menjadi artis Latin pertama yang mencapai prestasi ini. Pada tahun 1997, Warner Bros merilis Selena , sebuah film tentang kehidupan dan karirnya, yang membintangi Jennifer Lopez sebagai Selena dan Lupe Ontiveros sebagai Saldívar. Pada 2016 , Selena telah menjual lebih dari 60 juta album di seluruh dunia.