Biography Mirza Ghalib Asadullah Baig Khan

Biografi Profil Biodata Mirza Ghalib - Mirza Asadullah Baig KhanGhalib ( Urdu : غالب ; Hindi : ग़ालिब ) lahir Mirza Asadullah Baig Khan ( bahasa Urdu : مرزا اسد اللہ بیگ خان ; Hindi : मिर्ज़ा असदुल्लाह् बेग ख़ान ), pada tanggal 27 Desember 1797 - meninggal 15 Februari 1869), adalah penyair bahasa Urdu dan bahasa Persia yang terkenal selama tahun-tahun terakhir Kerajaan Mughal . Dia menggunakan nama pena Ghalib ( bahasa Urdu : غالب , ġhālib berarti "dominan") dan Asad ( bahasa Urdu : اسد , Asad berarti "singa"). Kehormatannya adalah Dabir-ul-Mulk, Najm-ud-Daula.

Selama hidupnya Mughal dikalahkan dan digantikan oleh Inggris dan akhirnya digulingkan menyusul kekalahan pemberontakan India tahun 1857 , peristiwa yang dia gambarkan. Terutama, dia menulis beberapa ghazal selama hidupnya, yang sejak saat itu telah ditafsirkan dan dinyanyikan dengan berbagai cara oleh orang yang berbeda. Ghalib, penyair besar zaman Mughal, dianggap sebagai salah satu penyair paling populer dan berpengaruh dalam bahasa Urdu. Hari ini Ghalib tetap populer tidak hanya di India dan Pakistan tapi juga di kalangan diaspora Hindustani di seluruh dunia.

Biografi Profil Biodata Mirza Ghalib - Mirza Asadullah Baig KhanKehidupan Ghalib adalah subyek ratusan drama yang secara teratur dilakukan di India Utara dan Pakistan. Pertunjukan ini didasarkan pada kehidupan dan hubungan pribadinya dan profesional. Maestro Ghazal seperti Jagjit Singh , Mehdi Hassan , Abida Parveen , Farida Khanum , Tina Sani , Mohammed Rafi , Asha Bhosle , Begum Akhtar , Ghulam Ali , Lata Mangeshkar , Rahat Fateh Ali Khan telah menyanyikan ghazalnya. [37] Banyak penyanyi dari seluruh Asia Selatan telah menyanyikan banyak ghazalnya .