Biografi Ingvar Kamprad Bos Mebel Ikea Swedia

Biografi Profil Biodata Ingvar Kamprad Biography Dead Death Died Dies - Wafat Bos mebel Ikea Swedia Meninggal DuniaIngvar Kamprad adalah Bos mebel Ikea dari Swedia yang meninggal dunia. Ada cerita masa lalu darinya, hingga akhirnya sukses menjadi penyedia aneka barang-barang mebel dengan desain kekinian. Kamprad meninggal dunia di usia 91 tahun, perusahaan yang membesarkan namanya mengumumkan berita duka ini kemarin. Dia meninggal di rumahnya di Smaland, Swedia. Pihak Ikea mengonfirmasi bahwa Kamprad adalah salah satu pengusaha terbesar abad ke-20, yang berhasil menjadi miliader. Pria kelahiran tahun 1926 itu meninggalkan nama baik, karena telah mendirikan perusahaan mebel kekinian yang sudah berusia 17 tahun. "Kamprad telah meninggal dengan damai di rumahnya. Dia bekerja sampai akhir hayatnya, tetap berpegang pada moto dirinya sendiri bahwa kebanyakan hal masih harus dilakukan," tulis perwakilan Ikea dalam sebuah pernyataan.

Ingvar Feodor Kamprad (Swedia: 30 Maret 1926 – 27 Januari 2018) adalah taipan bisnis Swedia. Ia merupakan pendiri IKEA, sebuah perusahaan ritel furnitur multinasional. Awal mula mendirikan perusahaan itu, dia menggunakan sejumlah uang yang ayahnya berikan kepadanya sebagai hadiah atas prestasinya di sekolah, meski disleksia. Diakui rekan-rekannya, Kamprad seorang pengusaha hebat dari Swedia Selatan. Dia sosok pekerja keras dan keras kepala, tapi orangnya hangat dan dekat dengan siapa saja. Dia cukup kreatif dalam menciptakan ide-ide barang mebel kekinian. Hampir semua barang ciptaannya menjadi pelengkap rumah penduduk hampir di setiap negara. Desain mebelnya sangat populer dan kesan minimalis chic disukai banyak kalangan. Perancang Mebel Jeff Banks mengatakan, kreasi yang dibuat Kamprad secara radikal mengubah cara orang membuat dan merancang produk untuk rumah.

Biografi Profil Biodata Ingvar Kamprad Biography Dead Death Died Dies - Wafat Bos mebel Ikea Swedia Meninggal DuniaBahkan, dia berhasil mengubah bahan daur ulang menjadi mebel yang bagus sekali. "Orang telah mencoba mereproduksi dan menirunya, tapi tidak berhasil," katanya. Dilansir BBC, Senin (29/1/2018), Kamprad terkenal karena pengabdiannya dan suka berhemat. Semasa hidupnya sangat sederhana, karena dia hanya mengendarai Volvo tua dan bepergian dengan menggunakan transportasi kelas ekonomi. Dalam sebuah wawancara tahun 2016 dengan saluran televisi Swedia TV4, Kamprad mengatakan, lebih suka pakai barang-barang dari pasar loak daripada harus membeli baru. Darah hemat itu sudah disematkannya sesuai dengan sifat penduduk Smaland alias kampung halamannya. "Jika Anda melihat sekarang, saya rasanya mengenakan apapun yang dibeli di pasar loak," katanya.

Wajib Anda tahu, Ikea dimulai pada tahun 1943 dan sekarang memiliki 389 toko di seluruh dunia. Nama tersebut berasal dari inisial Kamprad (IK), bersama dengan nama peternakan yang dibesarkannya, Elmtaryd (E) dan desa terdekat Agunnaryd (A). Ikea tetap dimiliki secara pribadi di bawah kepercayaan Belanda yang dioperasikan oleh keluarga Kamprad. Dalam sebuah wawancara di tahun 1980-an, Kamprad mengatakan bahwa visinya untuk Ikea yakni menjadi perusahaan yang akan membuat hidup lebih mudah bagi pelanggannya. Karena itu saat dikabarkan meninggal dunia, banyak ucapan bela sungkawa untuknya. Kamprad telah berhasil membuat banyak orang jatuh cinta dengan karya-karya barang mebelnya. Barang-barang tersebut sudah gampang dibeli dengan harga terjangkau.