Abdul Rahman H Budding Wakil Bupati Tolitoli

Biografi Profil Biodata Abdul Rahman H Budding Wakil Bupati TolitoliAbdul Rahman H Budding sebagai Wakil Bupati Tolitoli berselisih di depan publik. Pada saat Bupati Mohammad Saleh Bantilan sedang pidato untuk pelantikan pejabat yang ada di Kabupaten Tolitoli, Wakil Bupati Tolitoli Abdul Rahman masuk ke dalam ruangan pelantikan. Abdul Rahman marah sambil berteriak dan menunjuk-nunjuk Bupati yang sedang pidato. Sang Wakil menyuruh Bupati membatalkan acara pelantikan tersebut. Ketika masuk ruangan, Abdul Rahman duduk di bagian depan. Dia langsung merobek Surat Keputusan (SK) Bupati tentang Pengangkatan Pejabat Pratama Kabupaten Tolitoli yang sedang berlangsung.

Peristiwa tersebut sudah masuk ke ranah hukum dimana Bupati Tolitoli Mohammad Saleh Bantilan melaporkan wakilnya, Abdul Rahman, ke pihak kepolisian. Meski begitu, Kapolres Tolitoli AKBP M Iqbal Alqudusi bersama unsur Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (Forkompinda) masih berupaya untuk memediasi kedua belah pihak. Peristiwa yang mencoreng wajah pemerintahan itu terjadi pada Rabu, 31 Januari, pukul 10.30 WITA. Saleh melaporkan Abdul ke Polres Tolitoli atas dugaan penganiayaan dan perusakan di Gedung Wanita Tolitoli.



Menurut Iqbal, tindakan pertama yang dilakukan pihak kepolisian adalah melokalisir, melakukan pendekatan, dan melakukan komunikasi ke beberapa pihak agar peristiwa ini tidak berkembang. Saat ini, Polres Tolitoli melakukan upaya persuasif mendekati kedua pihak agar tidak terjadi hal yang sama dan membesar. Dari Tolitoli, Iqbal menyebut Abdul Rahman berujar sambil marah dan bersuara keras kepada pelapor. Bupati yang merasa terhina atas tindakan wakilnya itu meninggalkan lokasi dan langsung melaporkan ke pihak kepolisian. Wakil Bupati Abdul Rahman H Budding mengakui perbuatannya tersebut. Dia berupaya membubarkan proses pelantikan lantaran Bupati Mohammad Saleh tidak mempertimbangkan masukannya sebagai wakil bupati.

Kini, video peristiwa pelantikan yang tak dikehendaki wakil bupati itu menyebar dengan cepat ke masyarakat. Dari tayangan video berdurasi 2 menit 50 detik itu, Wabup tampak memprotes keras dan mengamuk. Dia tiba-tiba datang memasuki ruangan pelantikan langsung menendang meja yang ditempati bupati dan berteriak memprotes keras pelantikan yang telah berlangsung. Pelantikan yang sebelumnya berlangsung lancar berubah kacau. Keduanya tampak hampir terlibat adu fisik andai tidak ada petugas dan pejabat lain dalam ruangan tersebut. Mereka lalu berupaya menenangkan wabup, sedangkan Bupati Saleh Bantilan langsung menutup kegiatan pelantikan tersebut.

#Lihat pula : Profil Mohammad Saleh Bantilan Bupati Tolitoli