Onan Hiroshi - Komikus Jepang Sindir Jokowi

Biografi Profil Biodata Onan Hiroshi - Komikus Jepang Sindir JokowiOnan Hiroshi Komikus Jepang membuat heboh pengguna media sosial Tanah Air. Hal itu dilatarbelakangi oleh hasil karyanya berupa komik digital yang menyindir Indonesia, khususnya Presiden Joko Widodo. Ia mengunggah komik tersebut ke akun Twitter-nya, @hiroshionan, Jumat (23/2/2018), dengan judul 'Kereta Cepat Pengemis'.

Dalam komik itu, digambarkan mengenai proyek kereta cepat di Indonesia yang semula akan dibangun Jepang. Namun, pada akhirnya justru China lah yang mengerjakan konstruksi proyek tersebut. Digambarkan juga proyek tersebut tak kunjung rampung. Jokowi kemudian digambarkan sedang 'mengemis' kepada Perdana Menteri Jepang Shinzo untuk kembali membantu proyek itu.

Sontak, hasil karya Onan Hiroshi tersebut menuai reaksi keras karena dianggap telah mengolok-olok Presiden Indonesia. Tak disangka, dua hari berselang sesuai mengunggah komik kontroversial tersebut, Onan Hiroshi meminta maaf kepada Jokowi dan masyarakat Indonesia. Hal itu diungkapkan Onan dalam dua cuitan di Twitternya. Dalam cuitannya itu, Onan juga menyertakan sebuah foto yang memperlihatkan ia sedang bersujud. Kedua tangannya diletakkan di depan kepala yang tertunduk, seolah sedang bersujud meminta pengampunan.

(Saya minta maaf. Pengemis itu ekspresi yang sangat berlebihan. Saya begitu senang dan marah dan darah naik ke kepala saya. Sekarang saya sadar. Orang Indonesia, pejabat pemerintah, saya sangat menyesal. Saya malu dengan perilaku terlarang saya. Saya akan menarik kembali ucapan itu dengan menahan diri. Saya sangat menyesal.) Onan juga membuat cuitan berbahasa Inggris dan menyebut nama Jokowi. "I,m sorry. beggar is over Excessive demands. I was heat up. but now cooldown. Mr,president JOKOWI and Indonesian everyone,and Indnesia gov. I,m Really sorry. I am shame. I take back picture.I,m sorry."