Biodata Farah Sajidah - Karateka Wanita Berhijab

Biografi Profil Biodata Farah Sajidah - Karateka Wanita BerhijabFarah Sajidah adalah seorang karateka wanita berhijab bersabuk hitam. Farah Sajidah tampak memanfaatkan waktu dengan tilawah Alquran. Diantar sang bunda, Farah yang masih duduk di SMA kelas 1 itu tampak tangguh mengenakan baju karate. Selintas, mungkin tak ada yang mengira hijabers bertubuh mungil ini punya kekuatan tak terkira. Sudah berlatih karate selama 6 tahun, Farah kini sudah bersabuk hitam.

Prestasinya pun tak sedikit. Ia pernah masuk 5 besar Kejuaraan Nasional Karate di usia yang masih muda. Tak hanya karate, ia pun memiliki kemampuan menghapal Al-Quran. Ia keluar sebagai juara hapalan dan bacaan terbaik saat Program 1 Minggu 1 Juz Hafalan Bersanad. "Saya ingin mengajak remaja Indonesia untuk melakukan kegiatan yang positif, jadi nggak hanya galau soal percintaan," tutur Farah hari Sabtu (19/05/2018).

Prestasinya ini terdengar oleh pemerintah. Ia dan ketiga kakaknya yang juga aktif di bidang karate, direkrut oleh Badan Intelijen Negara untuk mendalami ilmu aikido. Di Indonesia, masih sangat sedikit orang yang terjun di dunia aikido dan Farah bangga bisa jadi salah satunya. "Alhamdulillah saya punya lima anak perempuan, semuanya karateka, taekwondo, dan aikido. Di Indonesia aikido itu belum ada pertandingannya, karena bisa mematikan," tutur ibunda Farah ibu Susmeilin kepada Wolipop.

Lebih lanjut lagi Farah mengungkapkan aikido itu tak hanya bermain gerakan, tapi juga syaraf. Dengan cepat, Farah bisa mematahkan lengan lawannya tanpa banyak menggunakan tenaga. Kecepatan gerakan aikido membuat Indonesia belum berani mengadakan pertandingan karena bisa sangat berbahaya. "Farah juga alhamdulillah mendapat program sekolah cepat. Seharusnya ia masih kelas 3 SMP, karena kemarin menang lomba tahfidz Alquran, ia langsung bisa menjalani pendidikan kelas 1 di SMA Islam Terpadu Depok. Ia bisa mengikuti ujian SMP belakangan," terang sang bunda.

Mendidik semua anak perempuannya jadi perkasa tentu tak mudah. Bagi Susmeilin, sebagai perempuan di era ini, penting untuk bisa melindungi diri. Karate, taekwondo, hingga aikido adalah salah satunya. Sayangnya, mulai tahun ini pertandingan karate di Indonesia melarang karateka wanita untuk berhijab. Farah pun dengan tegas tidak akan mengikuti pertandingan jika harus melepas jilbabnya. "Bukannya kecewa, tapi saya bangga bisa mempertahankan hijab saya. Meski tak bisa ikut pertandingan lagi, saya tetap bisa berlatih karakte dan aikido bahkan bisa jadi pengajar aikido suatu hari nanti," tutup Farah.