Biografi Aretha Franklin - Ratu Soul dari Amerika

Biografi Profil Biodata Aretha Franklin - Meninggal Dead Died Death Dies DieAretha Louise Franklin yang lahir di Memphis, Tennesee, Amerika Serikat, 25 Maret 1942; umur 76 tahun adalah seorang penyanyi berkebangsaan Amerika Serikat, yang mendapat julukan sebagai "Ratu Soul". Ia menempati peringkat pertama daftar "The Greatest Singers of All Time" dalam majalah Rolling Stone. Sepanjang perjalanan kariernya, Franklin telah memenangkan 18 Grammy Awards dan menjadi artis wanita pertama yang dilantik pada Rock and Roll Hall of Fame.

Aretha Louise Franklin (lahir 25 Maret 1942) adalah seorang penyanyi dan penulis lagu Amerika. Franklin memulai kariernya sebagai seorang anak yang menyanyikan Injil di Gereja Baptis New Bethel di Detroit, di mana ayahnya, CL Franklin , adalah menteri. Pada tahun 1960, pada usia 18 tahun, ia memulai karier sekuler , merekam untuk Columbia Records tetapi hanya mencapai kesuksesan sederhana. Setelah ia menandatangani kontrak dengan Atlantic Records pada tahun 1967, Franklin meraih pengakuan komersial dan sukses dengan lagu-lagu seperti " Respek ", " (Anda Membuat Saya Merasa Seperti) Seorang Wanita Alami ", " Harlem Spanyol " dan " Pikirkan ". Pada akhir 1960-an dia telah mendapatkan gelar " The Queen of Soul ".

Franklin akhirnya mencatat total 112 single yang dipetakan di Billboard , termasuk 77 entri Hot 100 , 17 single pop top, 100 entri R & B dan dua puluh single R & B nomor satu, menjadi artis wanita paling banyak di chart dalam sejarah. Franklin juga merekam album-album terkenal seperti I Never Loved a Man the Way I Love You , Lady Soul , Young, Gifted dan Black and Amazing Grace sebelum mengalami masalah dengan perusahaan rekamannya pada pertengahan tahun 1970-an . Setelah ayahnya ditembak pada 1979, Franklin meninggalkan Atlantic dan menandatangani kontrak dengan Arista Records , menemukan kesuksesan dengan perannya dalam film The Blues Brothers dan dengan album Jump to It dan Who's Zoomin 'Who? .

Pada tahun 1998, Franklin memenangkan pengakuan internasional untuk menyanyikan opera aria " Nessun dorma ", di Grammy tahun itu menggantikan Luciano Pavarotti . Belakangan di tahun yang sama, ia mencetak rekaman Top 40 terakhirnya dengan " A Rose Is Still a Rose ". Hit populer dan terkenal lainnya Franklin termasuk " Rock Steady ", " Jump to It ", " Freeway of Love ", " Who's Zoomin 'Who ", " Chain of Fools ", " Sesuatu yang Dia Bisa Rasakan ", " Aku Tahu Kamu Apakah Waiting (For Me) "(bersama George Michael ), dan remake lagu The Rolling Stones " Jumpin 'Jack Flash ".

Franklin telah memenangkan total 18 Grammy Awards dan merupakan salah satu artis musik terlaris sepanjang masa , setelah terjual lebih dari 75 juta album di seluruh dunia. Franklin telah dihormati sepanjang karirnya termasuk induksi 1987 ke Rock and Roll Hall of Fame , di mana ia menjadi pemain wanita pertama yang dilantik. Dia dilantik ke UK Music Hall of Fame pada tahun 2005. Pada Agustus 2012, Franklin dilantik menjadi GMA Gospel Music Hall of Fame . Franklin tercantum dalam setidaknya dua daftar sepanjang masa di majalah Rolling Stone , termasuk 100 Artis Terbesar Sepanjang Masa ; dan 100 Penyanyi Terbesar Sepanjang Masa.