Cantinflas - Fortino Mario Alfonso Moreno Reyes

Biografi Profil Biodata Cantinflas Biography Fortino Mario Alfonso Moreno ReyesFortino Mario Alfonso Moreno Reyes (12 Agustus 1911-20 April 1993) adalah seorang aktor berkebangsaan Meksiko. Dia biasanya dipanggil Cantinflas. Dia dilahirkan di Mexico City. Dia berkarier di dunia film sejak tahun 1936. Dia sering menggambarkan petani miskin atau petani asal pelado. Karakternya dikaitkan dengan identitas nasional Meksiko, dan memungkinkan Cantinflas untuk membangun karir film yang panjang dan sukses termasuk terjun ke Hollywood. Charlie Chaplin pernah berkomentar bahwa dia adalah komedian terbaik yang hidup, dan Moreno telah disebut sebagai "Charlie Chaplin of Mexico".

Untuk penonton di Amerika Serikat, ia paling diingat sebagai pemeran utama bersama David Niven di pemenang Academy Award untuk film Film Terbaik Keliling Dunia dalam 80 Hari, di mana Moreno memenangkan Golden Globe Award untuk Aktor Terbaik - Motion Gambar Musik atau Komedi. Sebagai perintis sinema Meksiko , Moreno membantu mengantar era keemasannya . Selain menjadi pemimpin bisnis, ia juga terlibat dalam politik perburuhan Meksiko yang sering terjerat dan sering berbahaya. Reputasinya sebagai juru bicara bagi yang tertindas memberikan tindakannya keaslian dan menjadi penting dalam perjuangan awal melawan charrismo , praktik pemerintahan kooptasi dan mengendalikan serikat satu partai.

Pada tahun 1961, Cantinflas muncul bersama Wakil Presiden Lyndon B. Johnson di pusat-pusat perbelanjaan dan supermarket di San Antonio , Texas , untuk mendukung kandidat Demokrat yang sukses ke Dewan Perwakilan Amerika Serikat untuk distrik kongres ke-20 di Texas , Henry B. Gonzalez , yang mengalahkan penantangnya dari Partai Republik , John W. Goode . Gonzalez adalah orang Hispanik pertama yang terpilih di Senat Negara Bagian Texas dan sebagai anggota kongres AS dari Texas. Selain itu, karakternya, Cantinflas, yang identitasnya dipadukan dengan dirinya sendiri, diperiksa oleh kritikus media, filsuf, dan ahli bahasa, yang melihatnya secara berbeda sebagai bahaya bagi masyarakat Meksiko, boneka borjuis, sejenis filantropis, seorang Katolik yang saleh, lisan inovator, dan sebuah underdog picaresque.