Dimitri - Mathilda Pendaki 7 Puncak Tertinggi Dunia

Biografi Profil Biodata Dimitri dan Mathilda - Pendaki 7 Puncak Gunung Tertinggi di DuniaFransiska Dimitri Inkiriwang dan Mathilda Dwi Lestari adalah dua wanita yang mengharumkan nama bangsa karena berhasil bergabung dalam tim ekspedisi tujuh puncak tertinggi dunia di tujuh lempeng benua. Mereka telah menaklukan tujuh puncak gunung dan ekspedisi ketujuh ditutup pada Maret 2018 dengan menaiki puncak gunung tertinggi di dunia, yaitu Everest, Nepal. Dua srikandi Indonesia berhasil mencapai puncak Everest di Nepal pada 17 Mei 2018.

Keikutsertaan mereka bermula ketika keduanya bergabung dalam organisasi mahasiswa pencinta alam (Mahitala) di kampusnya, Universitas Katolik Parahyangan (Unpar). Mahitala memiliki misi ekspedisi ke tujuh puncak gunung tertinggi di dunia atau yang biasa disebut Seven Summits. Dimitri dan rekan-rekannya bertekad untuk membuktikkan kepada dunia bahwa seorang wanita juga mampu menyelesaikan Seven Summits dan bersaing di bidang pendakian. Akhirnya Dimitri dan Mathilda berhasil bergabung bersama tim Seven Summits dan memulai ekspedisi pada Agustus 2014. Ada 10 orang dalam tim ini, terdiri dari 6 pria dan 4 wanita. Selain mendaki gunung, tim ini juga memiliki misi lain yakni mengganti tali di jalur pemanjattan puncak Carstensz Pyramid (4.884 mdpl) di Papua, Indonesia.

Mei 2015, mereka melanjutkan Seven Summits di dua puncak gunung sekaligus, yaitu puncak Gunung Elbrus (5.642 mdpl) di Rusia pada 15 Mei 2015 dan puncak Gunung Kilimanjaro (5.895 mdpl) di Tanzania (Afrika) pada 24 Mei 2015. Namun sayang, salah satu tim wanita harus mengundurkan diri karena tuntutan keluarga yang mengharuskan lulus kuliah dengan cepat. Meski tim wanita tinggal tersisa Mathilda, Karolina, dan Dimitri, tetapi mereka harus tetap melanjutkan Seven Summits-nya. Aconcagua (6.962 mdpl) di Argentina adalah puncak gunung keempat yang harus mereka daki pada 1 Februari 2016. Ketika hampir sampai puncak Gunung Aconcagua, Karolina tak bisa ikut melanjutkan ekspedisi tersebut karena sakit sampai harus dirawat di Argentina satu bulan.

Meski begitu, Mathilda dan Dimitri tetap semangat melanjutkan ekspedisi itu. Pada Januari 2017, Mathilda dan Dimitri mendaki puncak kelima, yaitu di Gunung Vinson (4.897 mdpl) di Ellsworth Range (Antartika). Ekspedisi kelima ini mereka juga mendapat predikat sebagai perempuan pertama Indonesia yang menginjakkan kaki di Antartika dan sampai di puncak tertinggi di Benua Antartika. Kemudian Juli 2017, mereka berhasil mnginjakkan kaki di puncak gunung keenam, Gunung Denali (6.194 mdpl) di Alaska (Amerika Utara). Dimitri dan Mathilda menutup ekspedisinya yang terakhir di puncak Gunung Everest di Nepal. Dua srikandi Indonesia berhasil mencapai puncak Everest di Nepal pada 17 Mei 2018 dan akhirnya berhasil menaklukkan 7 puncak tertinggi di dunia serta menggenapkan timnya sebagai perempuan Indonesia pertama yang menyelesaikan Seven Summits.