Rudy Wowor - Rudolf Canesius Soemolang Wowor

Biografi Profil Biodata Rudy Wowor Meninggal - Rudolf Canesius Soemolang WoworRudolf Canesius Soemolang Wowor dikenal sebagai Rudy Wowor (lahir di Amsterdam, Belanda, 13 Desember 1943 – meninggal di Depok, Indonesia, 5 Oktober 2018 pada umur 74 tahun) adalah aktor dan penari Indonesia yang terkenal dengan peran antagonis. Aktor blasteran Belanda-Manado ini mengawali karier di dunia seni peran sejak tahun 1970-an. Film-film terkenal yang pernah dibintanginya antara lain Impian Perawan (1976), Aladin (1980), Tjoet Nja' Dhien (1986) dan Soerabaia '45 (1990). Bahkan pada dirinya pernah masuk nominasi Aktor Pendukung Terbaik FFI 1988 melalui film Tjoet Nja' Dhien.

Selain akting, Rudy Wowor juga seorang penari dan koreografer. Tahun 2007, Rudy menjadi juri tetap acara realitas menari bertajuk Seleb Dance ANTV. Salah satu pagelaran yang dikoreograferi oleh Rudy adalah teater musikal berjudul Miss Kedaluwarsa yang beraksi di Gedung Kesenian Jakarta pada 24 sampai 27 Mei 2007. Rudy Wowor juga seorang penulis. Dia pernah menjadi penulis di majalah mode Elle. Lelaki yang menguasai tujuh bahasa asing ini juga pernah menulis di beberapa harian di Madrid, Spanyol, dan sejumlah harian di Australia.

Kabar duka datang dari panggung hiburan Tanah Air. Aktor senior Rudy Wowor meninggal dunia di usia 74 tahun. Kabar meninggalnya Rudy Wowor pertama kali tersiar dari pesan berantai di media sosial. Dalam pesan duka itu mengatasnamakan anak Rudy Wowor, Michael Wowor. Isinya membenarkan kabar meninggalnya Rudy Wowor disertai alamat rumah duka di kawasan Depok. "Berita duka: Sudah berpulang Rudy Wowor pagi ini 5 October 2018. Alamat rumah duka, kediaman Michael Wowor, putra Rudy Wowor. Perumahan Pesona Khayangan blok DC no 3. Jl. Margonda Raya, Depok. Turut Berduka Cita," isi pesan tersebut.

Kabar duka itu juga dibenarkan sahabat Rudy Wowor, Roy Marten. Ia mengaku telah mendapat kabar tentang meninggalnya Rudy Wowor pagi ini. "Iya betul (Rudy Wowor meninggal dunia). Tadi saya dapat kabar dari sahabat kami, cuma sepertinya saya tidak bisa melayat ke sana karena ada syuting," ungkap Roy Marten kepada Liputan6.com, Jumat (5/10/2018). Beberapa tahun lalu, Rudy Wowor pernah dilarikan ke Rumah Sakit Polri, Kramat Jati, Jakarta Timur. Aktor kelahiran Belanda, 13 Desember 1943 itu dirawat intesif karena sakit komplikasi.