Biography Stan Lee atau Stanley Martin Lieber

Biografi Profil Biodata Stan Lee Meninggal DuniaStan Lee atau Stanley Martin Lieber, lahir di New York City, New York, 28 Desember 1922 – meninggal di Los Angeles, California, 12 November 2018 pada umur 95 tahun adalah seorang penulis, editor, penerbit, produser, dan aktor dari Amerika. Stan Lee mulai membuat komik untuk pertama kalinya pada tahun 1941 tentang Captain America. Pada tahun 1960, Stan Lee mendirikan Marvel Comics yang memperkenalkan penokohan lebih lengkap dalam karakter seorang pahlawan yang kuat, sehingga menarik minat orang banyak, khususnya anak-anak. Bekerja sama dengan beberapa seniman, termasuk Jack Kirby dan Steve Ditko, dia menciptakan Spider-Man, Hulk, Doctor Strange, Fantastic Four, Iron Man, Daredevil, Thor, X-Men, dan banyak karakter fiksi lainnya, mengenalkannya secara menyeluruh.

Berbagi alam semesta menjadi komik superhero. Selain itu, dia menantang organisasi penyensoran industri komik, Otoritas Kode Komik, yang memaksanya untuk mereformasi kebijakannya. Para pengarang yang disukai Lee antara lain Stephen King, H. G. Wells, Mark Twain, Arthur Conan Doyle, William Shakespeare, Charles Dickens, dan Harlan Ellison[4]. Dia juga menyukai film-film Bruce Lee. Dia dilantik ke dalam industri buku komik Will Eisner Award Hall of Fame pada tahun 1994 dan Jack Kirby Hall of Fame pada tahun 1995. Lee menerima National Medal of Arts pada tahun 2008.

Dia menikahi Joan Clayton Boocock pada tanggal 5 Desember 1947, dan pada tahun 1949, pasangan tersebut membeli sebuah rumah bertingkat tiga dan tiga kamar tidur di 1084 West Broadway di Woodmere, New York, di Long Island, tinggal di sana sampai tahun 1952. Putri mereka Joan Celia "J.C." Lee lahir pada tahun 1950. Anak lainnya, Jan Lee, meninggal tiga hari setelah melahirkan pada tahun 1953. Lees tinggal di 226 Richards Lane di kota Long Island, Hewlett Harbor, New York, dari tahun 1952 sampai 1980. Lee meninggal dunia pada 12 November 2018 di usia 95 tahun.