Yalda Hakim dan Sir David Attenborough

Biografi Profil Biodata Yalda Hakim - Jurnalis BBC World News TVYalda Hakim yang lahir 25 atau 26 Juni 1983 di Afghanistan adalah seorang jurnalis siaran Australia, presenter berita, dan pembuat film dokumenter. Hakim terutama hadir di BBC World News, tetapi dokumenter dan laporannya juga dapat dilihat di BBC News Channel dan di BBC Two's Newsnight. Hakim tiba di Australia sebagai migran berusia tiga tahun. Ketika dia berusia enam bulan, keluarganya meninggalkan Afghanistan selama Perang Soviet-Afghanistan. Keluarga tersebut melakukan perjalanan dengan menunggang kuda ke Pakistan dengan bantuan penyelundup manusia. Setelah dua tahun di Pakistan, keluarga itu menetap di Australia pada tahun 1986.

Hakim bersekolah di Macarthur Girls High School di Parramatta, Sydney, tempat ia bermain biola dan menjadi kapten olahraga dan prefek. Dia juga bersekolah di Parramatta West Public School. Hakim melanjutkan studi untuk meraih gelar Sarjana Seni di Media dari tahun 2002 hingga 2004 di Universitas Macquarie, di mana ia juga menjadi anggota dewan dari Persatuan Universitas Macquarie. Pada tahun 2005, Hakim memperoleh Diploma dalam Jurnalisme di Macleay College, Sydney, dan lulus dengan gelar jurnalisme melalui pendidikan jarak jauh dari Monash University pada tahun 2007, di samping gelar perkawinan di Layanan Penyiaran Khusus. Hakim berbicara bahasa Inggris, Persia, Pashto, Urdu, dan Hindi.

Hakim kembali ke Kabul untuk laporan Dateline pertamanya pada 2008, dan sejak itu dilaporkan dari seluruh dunia untuk Dateline dan SBS World News Australia. Dia dianugerahi Penghargaan Perdamaian Media PBB untuk Liputan Berita Televisi Australia terbaik pada tahun 2009, dan juga telah menjadi finalis untuk Walkley Young Australian Journal of the Year Award. Mulai tahun 2011, Hakim menjadi tuan rumah bersama Dateline dengan sesama jurnalis video Mark Davis, keduanya secara bergiliran mempresentasikan program dalam waktu sekitar enam minggu, sementara yang lain sedang pergi bertugas.

Pada Desember 2012, diumumkan bahwa Hakim akan bergabung dengan BBC. Hakim telah melakukan pembicaraan dengan para eksekutif BBC sejak April 2012, setelah didekati di sebuah konferensi penyiaran di Brisbane. Pertemuan berikutnya terjadi di New York, Dubai, dan Afghanistan. Dia pertama kali muncul di BBC World News dan BBC News Channel pada Maret 2013. Pada Oktober 2013, ia mewawancarai Hamid Karzai, Presiden Afghanistan, untuk Newsnight. Sejak Maret 2014, ia telah tampil beberapa kali sebagai presenter di Impact, akhirnya menjadi presenter utama program pada akhir tahun itu.

Minggu Pagi, 16 Oktober 2016, Jokowi yang sedang pulang kampung ke Solo menyempatkan diri untuk menyapa warga di sana. Selama beraktivitas, ada seorang bule cantik yang tampak menemani Jokowi. Wanita itu tampak leluasa berbicara dengan Jokowi. DIketahui wanita itu adalah Yalda Hakim, seorang jurnalis BBC UK. Yalda memang ditugaskan secara khusus untuk mewawancarai Jokowi sehingga wajar jika terus mengikuti aktivitas Jokowi di Solo. Sebelumnya, Yalda juga pernah berkesempatan untuk bertemu dengan Jokowi. Seperti yang diunggah dalam akun twitter dan instagramnya.

Sir David Frederick Attenborough, OM, CH, CVO, CBE, FRS (lahir di London, Inggris, 8 Mei 1926; umur 92 tahun) adalah salah satu penyiar dan pecinta alam paling handal di dunia. Ia menjadi terkenal berkat salah satu penayangannya tentang dokumenter satwa, kariernya yang dihormati dan dukungan programmer sejarah alam Britania Raya yang berlangsung lebih dari 50 tahun. Dia dikenal setelah menjadi penulis dan presenter sembilan serial "Life", yang berhubungan dengan BBC Natural History Unit, dengan mengedepankan survei komprehensif seluruh kehidupan terestrial. Dia juga merupakan manajer senior BBC terdahulu, yang menjadi pengatur BBC2 dan sutradara pemrograman untuk BBC Television pada tahun 1960-an dan 1970-an. Dia adalah adik dari direktur dan aktor Richard Attenborough.