Biografi Raja Mswati III eSwatini dari Swaziland

Biografi Profil Biodata Sikhanyiso Dlamini Puteri Raja Mswati III eSwatini dari Swaziland dan sejarahMswati III (lahir Makhosetive Dlamini lahir 19 April 1968; umur 51 tahun) adalah Raja Swaziland dan kepala keluarga kerajaan Swazi. Pada tahun 1986 ia menggantikan ayahnya Sobhuza II sebagai pemimpin Kerajaan Afrika bagian selatan. Gelar : 19 April 1968 - 25 April 1986: Yang Mulia Pangeran Makhosetive dari Swaziland - 25 April 1986–Sekarang: Yang Mulia Ngwenyama (Raja) eSwatini. Kerajaan Eswatini atau Kerajaan Swaziland[5][6] (nama alternatif: Swazilandia) adalah sebuah negara kecil di selatan Afrika yang tidak memiliki pantai dan terletak di antara Afrika Selatan di sebelah barat dan Mozambik di timur.

Kepala negara adalah raja, yang sejak 1986 adalah Raja Mswati III. Berdasarkan tradisi, raja memegang kuasa bersama ibunya (Indovukazi, Gajah-Betina Besar), yang pertama dipandang sebagai kepala administrasi negara sedangkan yang terakhir dipandang sebagai kepala rohaniah dan nasional negara. Sebagai sebuah monarki, raja tidak hanya menunjuk perdana menteri, kepala pemerintahan, tetapi juga menunjuk sejumlah kecil perwakilan untuk kedua badan Libandla (parlemen). Senat terdiri dari 30 anggota, dan Dewan Perwakilannya memiliki 65 kursi, 55 diduduki oleh wakil terpilih (pemilihan diadakan setiap 5 tahun pada November).

Dalam pertemuan Raja Eswatini, Mswati III dan Jokowi, Putri Eswatini ikut dengan mengenakan gaun aksen bulu warna hitam dan delegasi perempuan yang mendampingi Raja Eswatini Mswati III di Istana Merdeka Jakarta menarik perhatian semua yang hadir. Raja Eswatini menjadi tamu kehormatan terakhir yang diterima Presiden Jokowi sebelum pelantikannya sebagai Presiden RI periode 2019-2024. Raja bergelar Yang Mulia Ngwenyama (Raja) eSwatini itu didampingi sejumlah delegasi perempuan termasuk istri dan putrinya. Gaun mereka menjadi pusat perhatian karena tampak indah termasuk Putri Eswatini Sikhanyiso Dlamini.

Putri sulung Raja Mswati III yang lahir di Mbabane 1 September 1987 itu mengenakan gaun dominan hitam dengan berhiaskan permata warna-warni dipadu dengan ekor gaun bulu warna hitam. Anak pertama dari 30 anak raja yang ibunya adalah salah satu dari 15 istri Raja Mswati III itu membawa pula clutch warna silver sementara rambutnya digerai ke belakang. Selain bersama putrinya, Raja Eswatini didampingi istrinya yang ke-15 yang mengenakan gaun warna biru laut yang juga menarik perhatian.