Budhi Sarwono Bupati Kabupaten Banjarnegara

Biografi Profil Biodata Budhi Sarwono - Wikipedia - Bupati BanjarnegaraBudhi Sarwono kelahiran 27 November 1962 adalah Bupati Banjarnegara sejak 22 Mei 2017. Bupati yang memutuskan untuk menjadi mualaf pada tahun 1998 ini adalah pengusaha di bidang konstruksi. Budhi Sarwono juga pernah menulis buku berjudul 'Saya Mau Jadi Muslim, Enak Jadi Kulinya Allah, Upahnya Gede', menceritakan titik gelap dalam kehidupannya. Pengalaman yang menjadi titik balik kehidupannya adalah setela dia mengalami mati suri.

Bupati Budhi Sarwono jadi viral lantaran mengunggah slip gajinya di bulan Oktober 2019 karena gaji Bupati menurutnya terbilang sedikit, Rp 5,9 juta. Foto slip gaji Budhi Sarwono itu diunggah oleh akun Instagram resmi Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Banjarnegara, @kabupatenbanjarnegara, pada Rabu (2/10/2019) kemarin. Budhi Sarwono menganggap gajinya sebagai bupati terlalu kecil dan berharap agar gaji seorang bupati bisa dinaikkan hingga Rp 100 juta atau Rp 150 juta.

Namun, bukan karena slip gajinya saja yang membuat sosok Bupati Banjarnegara ini menjadi viral. Aksi nyeleneh Bupati Banjarnegara Budhi Sarwono foto di tengah jalan viral di media sosial. Foto Budhi Sarwono yang tiduran di tengah jalan itu diunggah di instagram milik Kabupaten Banjarnegara. Dalam foto itu, terlihat Budhi Sarwono menggunakan seragam dinas bersama dua aparatur sipil negara (ASN). Bupati yang akrab disapa Winchin ini menuturkan foto tersebut murni spontanitas, tidak ada settingan ataupun rekayasa.

Aksi itu merupakan bentuk rasa syukurnya lantaran kondisi jalan penghubung Kabupaten Banjarnegara dan Kebumen yang dulu rusak parah dengan dipenuhi banyak lubang, kini sudah halus dan mulus. Budhi juga mengaku hingga kini belum mendapat teguran dari atasannya. Sebaliknya, dia banyak mendapat apresiasi dari masyarakat. Menurut Budhi, saat pose di tengah jalan kondisi saat itu sepi dari kendharaan, sehingga tidak mengganggu masyarakat atau pengguna jalan lain. Hingga kini, pose viral Bupati Banjarnegara itu sudah disukai 800 kali.