Profil Syahrul Yasin Limpo Menteri Pertanian

Biografi Profil Biodata Syahrul Yasin Limpo Menteri PertanianSyahrul Yasin Limpo adalah Menteri Pertanian Republik Indonesia. Syahrul Yasin Limpo (lahir di Makassar, Sulawesi Selatan, 16 Maret 1955; umur 64 tahun) adalah seorang politikus Indonesia yang pernah menjabat sebagai Gubernur Sulawesi Selatan sejak tanggal 8 April 2008 hingga 8 April 2018. Ia memenangi pemilihan Gubernur Sulawesi Selatan 2007 dan 2013 bersama pasangannya Agus Arifin Nu'mang. Syahrul Yasin Limpo adalah anak kedua dari pasangan Muh. Yasin Limpo dengan Nurhayati Yasin Limpo.

Syahrul Yasin Limpo adalah mantan Gubernur Sulawesi Selatan yang pertama kali dipilih secara langsung. Sebelum menjabat sebagai Gubernur, Syahrul Yasin Limpo pernah menjabat sebagai Bupati di Kabupaten Gowa selama dua periode, kemudian menjabat Wakil Gubernur selama satu periode mendampingi Amin Syam, sebelum akhirnya memenangkan pertarungan dengan Amin Syam dalam pilkada Sulsel pada tahun 2007 setelah keduanya sama-sama maju bertarung sebagai calon petahana.

#lihat pula : Profil Singkat 38 Menteri Kabinet Indonesia Maju

Ayahnya Kolonel (Purn.) H.M. Yasin Limpo (lahir di Bontonompo, Gowa, Sulawesi Selatan, 17 April 1924 – meninggal di Makassar, Sulawesi Selatan, 4 Agustus 2009 pada umur 85 tahun) adalah seorang tokoh pejuang kemerdekaan menentang pemerintahan Hindia Belanda di Sulawesi Selatan. H Yasin Limpo adalah tokoh pendiri partai Golkar Sulsel yang telah memperoleh berbagai bintang jasa seperti Bintang Gerilya, Bintang Sorindra, Lencana Bintang Tertinggi Gerakan Pramuka, Satya kencana Kesetiaan 8, 16, 24, Gerakan Operasi Militer (GOM) 3 dan 4, Sapta Marga, Satya Dwi, Dharma, Satya Dwi Widyasista, serta Penghargaan Perang Dunia.