Biodata Artis Keturunan Pahlawan Nasional Indonesia

Biografi Profil Biodata Para Artis Keturunan Pahlawan Nasional IndonesiaPahlawan Nasional turut serta dalam pergerakan perjuangan kemerdekaan dan mempertahankan kemerdekaan Republik Indonesia. Kini, anak dan cucu mereka mengisi kemerdekaan dengan berbagai cara. Salah satunya di dunia seni, baik seni musik atau seni peran. Beberapa artis ini diketahui memiliki darah Pahlawan Nasional. Siapa yang menyangka beberapa anak dan keturunan pahlawan Indonesia ini berprofesi sebagai artis. Berikut sejumlah artis keturunan pahlawan Indonesia :

1. Nia Iskandar Dinata - Artis Nia Iskandar Dinata merupakan cucu dari Raden Otto Iskandar Dinata atau yang dikenal sebagai 'Si Jalak Harupat'. Otto memiliki peran penting dalam sejarah kemerdekaan Indonesia. Ia tercatat sebagai anggota Badan Penyelidik Usaha-usaha Persiapan Kemerdekaan Indonesia (BPUPKI) dan Panitia Persiapan Kemerdekaan Indonesia (PPKI).

2. Setiawan Djody - K.P.H. Salahuddin Setiawan Djodi Nur Hadiningrat atau lebih dikenal sebagai Setiawan Djodi merupakan seniman dan pengusaha Indonesia. Ia merupakan salah satu anggota grup musik Kantata Takwa dan Swami, serta CEO Grup Setdco. Namun di balik itu, Setiawan Djody merupakan cucu dari Dr. Wahidin Sudirohusodo yakni pencetus berdirinya organisasi pelajar School tot Opleiding van Inlandsche Artsen Jakarta.

3. Dewi Yull - Raden Ayu Dewi Pujiati atau Dewi Yull merupakan penyanyi sekaligus aktris senior Indonesia. Ayahnya HRP Soendaryo adalah seorang keturunan bangsawan dari Kesultanan Cirebon. Sedangkan ibunya Masayu Devi Hetimawati adalah wanita keturunan bangsawan Melayu Palembang. Dewi Yull juga merupakan cucu RM Tirto Adhi Soerjo, seorang tokoh pers dan kebangkitan nasional. RM Tirto mendirikan surat kabar bernama Medan Prijaji pada tahun 1907.

4. Celine Evangelista - Perempuan bernama lengkap Celine Evangelista Monika Maureen Ricci merupakan aktris, model, sekaligus penyanyi Indonesia. Selain itu, kakek buyut Celine Evangelista, H. Fadeli Luran, juga merupakan pahlawan nasional yang mendirikan organisasi yang menampung aspirasi para kelompok-kelompok Islam. Nama Haji Fadeli Luran pun diabadikan menjadi nama jalan di Minasatene, Pangkajene Kepulauan, Biraeng, Sulawesi Selatan. Fadeli Luran adalah tokoh pemersatu umat Islam di Indonesia dan penyebar Agama Islam di Makassar. Ia pun ikut membangun sejumlah rumah sakit dan sekolahan.

5. Maia Estianty - Musisi senior Indonesia, Maia Estianty merupakan cicit dari Raden Hadji Oemar Said Tjokroaminoto, lebih dikenal dengan nama H.O.S Cokroaminoto, seorang pahlawan yang memimpin organisasi Sarekat Islam (SI). H.O.S Cokroaminoto memiliki lima orang anak bernama Siti Oetari, Harsono Tjokroaminoto, Anwar Tjokroaminoto, Ahmad Suyud, Siti Islamiyah.

6. Dian Sastrowardoyo - Dari namanya saja kita sudah tahu bahwa aktris pemeran film Ada Apa Dengan Cinta ini merupakan keturunan pahlawan nasional. Dian Sastro adalah cucu Prof. Sunario Sastrowardoyo, pahlawan nasional sekaligus Menteri Luar Negeri ke-7 serta Menteri Perdagangan ke-12 Indonesia.

7. Asri Welas - Aktris Asri Welas merupakan keturunan ketujuh Pangeran Diponegoro. Ia pun sempat kaget mengetahui fakta tersebut, namun keluarganya membenarkan. Bahkan keluarga Asri Welas memiliki kode yang menandakan keturunan pahlawan nasional tersebut yaitu pohon jalar yang ditanam di rumah eyangnya. Selain Asri Welas, artis keturunan Pangeran Diponegoro lainnya adalah Wanda Hamidah dan Vina Panduwinata.

8. Karina Salim - Aktris, penyanyi serta balerina Karina Salim ternyata juga berdarah pahlawan. Ia adalah cucu H. Agus Salim yang pernah menjabat sebagai menteri luar negeri Indonesia. Hal ini pastinya sangat membanggakan bagi Karina menyandang darah pahlawan dalam dirinya. Terlebih lagi, kakek buyut Karina tersebut merupakan sosok vital bagi Indonesia dahulu yang menjabat sebagai Menteri Luar Negeri pada era presiden Soekarno.

9. Jeje Soekarno - Dari namanya saja, sudah bisa ditebak bahwa Jeje memiliki garis keturunan tak biasa yaitu pahlawan. Jeje merupakan anak dari artis kondang Donna Harun. Donna mengawali kariernya dengan membintangi film layar lebar Asmara pada 1992 silam. Donna menikah dengan salah satu cucu proklamator kemerdekaan Indonesia, yaitu Hendra Rahtomo. Dari pernikahan inilah, Jeje lahir dan menjadi adik tiri dari Ricky Harun.

10. Mohammad Guruh Irianto Soekarnoputra - Guruh ialah anak bungsu dari pasangan presiden Indonesia pertama, Ir. Soekarno dan Fatmawati. Guruh kini dikenal sebagai seniman sekaligus politikus. Menjadi anak dari seorang pahlawan Proklamator tentu sangat membanggakan bagi dirinya, mengingat darah pejuang mengalir dalam tubuhnya. Hal ini ditunjukkan oleh Guruh lewat karya dan prestasi gemilangnya.

11. Paundrakarna - G.R.M Paundrakarna Sukmaputra Jiwanegara merupakan putra sulung dari Raja Pura Mangkunegaran Solo. Paundrakarna ini juga memiliki garis keturunan seorang pahlawan. Pasalnya, ia adalah cucu dari Presiden Soekarno yang merupakan buah hati dari pernikahan Kanjeng Gusti Pangeran Adipati Arya Mangkunegara IX dengan Sukmawati Soekarnoputri. Paundrakarna dikenal piawai berakting. Selain itu, pria berusia 37 tahun ini fokus pada tujuannya melestarikan dunia tari. Terbukti dari foto dan video unggahannya kala ia melatih anak didiknya menari.

Demikian deretan artis keturunan pahlawan dalam momen peringatan Hari Pahlawan 2020.