David Prowse Biography Darth Vader Film Star War

Biografi Profil Biodata David Prowse Biography Darth Vader Film Star War Die Died Dies Dead DeathDavid Charles Prowse MBE adalah seorang binaragawan Inggris, atlet angkat besi dan karakter dalam film dan televisi Inggris. Di seluruh dunia, dia terkenal karena secara fisik memerankan Darth Vader dalam trilogi Star Wars; pada 2015, ia membintangi film dokumenter tentang peran itu, berjudul I Am Your Father. Sebelum berperan sebagai Vader, Prowse telah memantapkan dirinya sebagai tokoh terkemuka di Inggris sebagai orang Green Cross Code pertama, karakter yang digunakan dalam informasi publik keselamatan jalan yang ditujukan untuk anak-anak. 

Prowse memainkan bentuk fisik dari Darth Vader di asli Star Wars trilogi. Prowse berbicara dalam dialog selama pembuatan film, tetapi George Lucas mengklaim dia menginginkan "suara yang lebih gelap" —suara yang lebih dalam, lebih bergema — dan meminta James Earl Jones sebagai gantinya, menganggap aksen West Country Prowse tidak cocok untuk karakter tersebut. Prowse mengklaim bahwa dia awalnya diberitahu bahwa dia akan terlihat dan didengar di akhir Return of the Jedi ketika topeng Vader dilepas. Sebaliknya, aktor Sebastian Shaw digunakan. Prowse mengulang perannya sebagai Darth Vader untuk video game Star Wars: The Interactive Video Board Game (1996) dan Monopoly Star Wars (1997).
Sejak 2002 Prowse menjadi anggota kehormatan dan pemimpin kehormatan Legiun 501, grup penggemar yang didedikasikan untuk kostum Star Wars. Pada November 2014, Daily Mirror melaporkan bahwa Prowse menderita demensia. Namun, Prowse sendiri menyangkal hal ini, mengakui bahwa dia memiliki masalah dengan ingatannya, yang dia anggap sebagai usia. Pada Oktober 2016, Prowse mengumumkan pengunduran dirinya dari semua penampilan dan acara publik, kemudian mengaitkan keputusan tersebut dengan kesehatan yang buruk dan keinginan keluarganya. Penampilan terakhir di layar kemudian diumumkan dan difilmkan dengan musisi Welsh dan teman lamanya Jayce Lewis dalam video musik sci-fi berjudul Shields. Prowse meninggal di sebuah rumah sakit di London, Inggris, pada 28 November 2020, dalam usia 85.