Biografi Mario Miranda - Kartunis Pelukis India

Biografi Profil Biodata Mario Miranda Biography Wikipedia IndonesiaMario Miranda atau Mario de Miranda yang bernama lengkap Padma Vibhushan Mario João Carlos do Rosario de Brito Miranda, ComIH yang lahir 2 Mei 1926 dan meninggal 11 Desember 2011, adalah kartunis India dan pelukis yang berbasis di Loutolim di negara bagian India dari Goa. Miranda telah biasa dengan The Times of India dan koran lainnya di Mumbai, termasuk The Economic Times , meskipun ia mendapat popularitas dengan karya-karyanya diterbitkan dalam The Illustrated Weekly India. Ia dianugerahi Padma Vibhushan pada tahun 2012.

Miranda memulai karirnya di studio Advertising, di mana ia bekerja selama empat tahun, sebelum mengambil kartun penuh waktu. Dia mendapat istirahat pertama sebagai kartunis dengan The Illustrated Weekly India yang menerbitkan beberapa karya-karyanya. Gambarnya & kartun juga membawanya tawaran untuk bekerja di majalah Current. Setahun kemudian, Times of India menawarinya slot, meskipun mereka telah menolak dia pada awalnya. Setelah itu, ciptaan-Nya, seperti Nona Nimbupani dan Miss Fonseca, muncul secara teratur di Femina, Economic Times, dan The Illustrated Weekly India .

Biografi Profil Biodata Mario Miranda Biography Wikipedia IndonesiaMiranda ditawari Fundacao Calouste Gulbenkian Beasiswa, yang memungkinkan dia untuk melakukan perjalanan ke dan tinggal satu tahun di Portugal dan kali ini di Portugal, menurut Miranda, membantunya untuk memperluas cakrawala nya. Setelah setahun di Portugal, Miranda melakukan perjalanan ke London, Inggris dan menghabiskan lima tahun di sana, belajar serta melakukan pekerjaan untuk surat kabar dan bahkan bekerja di animasi televisi, di Independent Television.

Kartun Miranda yang ditampilkan di Lilliput , Mad (sekali), dan punch (dua kali) majalah. Ini dilengkapi keuangan, dan memungkinkan dia untuk melakukan perjalanan keliling Eropa, berinteraksi dengan kartunis lainnya, memperoleh pengetahuan yang cukup dan eksposur. Hal ini menyebabkan pertemuannya Sir Ronald Searle , yang Miranda dianggap mentornya. Setelah lima tahun di Inggris, Miranda kembali ke Mumbai dan ditawarkan kembali pekerjaan lamanya dengan Times of India, di mana ia bekerja dengan kartunis kondang, RK Laxman. Setelah itu, Miranda bertemu artis Habiba Hydari. Mereka menikah dan memiliki dua putra, Raul dan Rishaad.

Biografi Profil Biodata Mario Miranda Biography Wikipedia IndonesiaIstirahat besar Miranda datang pada tahun 1974, ketika, atas undangan dari Layanan Informasi Amerika Serikat, ia melakukan perjalanan ke Amerika, yang memungkinkan dia untuk mempromosikan seni dan berinteraksi dengan kartunis lainnya di Amerika Serikat dan juga mendapat kesempatan untuk bekerja dengan Charles M. Schulz , pencipta Peanuts ) dan bertemu Herblock , kartunis editorial Washington Post.

Ia dianugerahi Padma Shri pada tahun 1988, Padma Bhushan pada tahun 2002 dan Asosiasi All India Kartunis ini, Bangalore, menghormatinya dengan penghargaan prestasi seumur hidup. The Raja Spanyol, Juan Carlos, diberikan pada Mario tertinggi sipil menghormati "Cross dari Orde Isabel Katolik " yang disajikan kepadanya pada 11 November 2009 di rumah keluarganya di Loutulim oleh Don Miguel Nieto Sandoval dan pada 29 Desember 2009 Portugal, di bawah Presiden Republik Aníbal António Cavaco Silva, membuatnya "Komandan Orde Pangeran Henry ", Portugis Nasional Orde ksatria. Mario Miranda secara anumerta dianugerahi Padma Vibhushan , penghargaan sipil tertinggi kedua di Republik India, oleh Presiden pada tanggal 4 April 2012.