Profil Monique Rijkers | Tokoh Aktivis Yahudi Pro Israel

Biografi Profil Biodata Monique Rijkers instagram ig Tokoh Wanita Aktivis Yahudi Pro Israel Wikipedia IndonesiaMonique Rijkers seorang perempuan kelahiran Makassar, Sulawesi Selatan. Belum ada informasi khusus terkait kapan tepatnya perempuan keturunan Yahudi ini lahir. Ia merupakan seorang aktivis perempuan pro Israel sekaligus pendiri organisasi nirlaba Hadassah of Indonesia.

Hadassah of Indonesia merupakan organisasi yang ia dedikasikan untuk memberikan informasi kepada masyarakat Indonesia terkait Israel, orang-orang Yahudi, dan sejarah Holocaust melalui perjumpaan budaya dan perjalanan ke Israel.

Nama Hadassah diambil dari Alkitab. Dalam bahasa Ibrani, Hadassah berarti Esther. Diketahui dari halaman Linkedin Monique Rijkers, Ia menganggap bahwa dirinya adalah seorang Esther di zaman modern di Indonesia.

Monique Rijkers merupakan perempuan bermarga Rondonuwu Mandagie yang saat ini menetap di Jakarta. Dulunya, Monique Rijkers pernah menempuh pendidikan industrial mikrobiologi di Universitas Kristen Satya Wacana, Salatiga. Meskipun ia merupakan mahasiswa jurusan industrial mikrobiologi, Rijkers sangat aktif dalam kegiatan jurnalistik dan memberikan banyak waktu untuk menekuni bidang tersebut.

Dalam deskripsi di profil Linkedin nya dia menulis bahwa dirinya menekuni jurnalisme selama 14 tahun dan telah mendapatkan 10 penghargaan jurnalisme. Tak hanya itu, Rijkers juga mengatakan bahwa dirinya telah mengunjungi 36 negara, termasuk Ekspedisi Jalan Sutra, Tour Yahudi di Polandia dan Praha, serta 3 kali ke Israel.

Pada Oktober 2017, Ia pernah bertemu dengan Perdana Menteri Israel yaitu Benjamin Netanyahu dalam acara Christian Media Summit. Selain itu, Rijkers juga memprakarsai Festival Film Toleransi Ketiga, serta turut menjadi produser dalam film pendek dokumenter animasi tentang Alfred Munzer yang diselamatkan oleh sebuah keluarga Indonesia di Belanda selama masa pendudukan Nazi.

Saat ini, Monique Rijkers tengah aktif menjadi salah satu pengurus di balik kanal Youtube Fakta Israel. Namanya sempat menjadi ramai diperbincangkan karena kunjungannya di Ponpes Al Zaytun beberapa waktu yang lalu. Pada 2018, saat pemerintah Israel melarang turis Indonesia masuk ke negeri itu.