Biografi Reid Hoffman Penemu dan Pendiri LinkedIn

Biografi Reid Hoffman Wikipedia Penemu dan Pendiri LinkedInPenemu dan Pendiri LinkedIn Reid Hoffman atau Reid Garret Hoffman adalah seorang pengusaha Amerika, kapitalis ventura dan penulis. Hoffman paling dikenal sebagai co-founder LinkedIn, sebuah jaringan sosial yang digunakan terutama untuk hubungan bisnis dan mencari pekerjaan. Reid Hoffman lahir pada tanggal 5 Agustus 1967 di Stanford, California, Amerika. Ia adalah anak dari Deanna Ruth Rutter dan William Parker Hoffman, Jr.

Ia tumbuh di Berkeley, California. Ia sekolah di The Purtey School dan lulus dari Standford University pada tahun 1990. Setelah itu ia melanjutkan studinya di Oxford University pada tahun 1993. Pada tahun 1994 Hoffman bergabung dengan Apple Computer. Ia juga pernah bekerja di Fujitsu dan akhirnya membangun perusahaannya sendiri yang bernama SocialNet.com. Namun pada tahun 2000 ia meninggalkan SocialNet.com dan bergabung dengan PayPal sebagai COO di perusahaan tersebut.

Pada bulan Desember 2002, Reid Hoffman menjadi co-founded LinkedIn. Pada saat itu ia bekerjasama dengan rekannya saat bekerja di SocialNet, rekan satu kampus dan kolega saat ia berada di Fujitsu. Pada tanggal 5 Mei 2003 akhirnya LinkedIn resmi diluncurkan. Pada saat itu Peter Thiel dan Keith Rabois yang merupakan kolega Reid Hoffman saat berada di PayPal juga ikut berinvestasi di LinkedIn. Perkembangan LinkedIn sejak saat itu begitu cepat. Bahkan pata bulan November 2012 Linked in telah memiliki lebih dari 187 juta user yang tersebar di lebih dari 200 negara. Terakhir LinkedIn berani membayar mahal Pulse agar terjalin kerja sama diantara keduannya.

Secara umum situs jejaring sosial ini memang tidak berbeda jauh dengan situs jejaring sosial lainnya. Di sini pengguna dapat membuat profilnya sendiri dan membangun relasi dengan professional lainnya. Hanya saja penggunaan situs jejaring sosial ini memang hanya fokus pada para professional saja. Karena itu situs ini bersifat lebih serius dan benar-benar tampak professional. Di sini informasi yang ada juga lebih spesifik dan valid.

Pada tanggal 5 Mei 2003 lalu, seorang bernama Reed Hoffman mendirikan situs LinkedIn di ruang tamu rumahnya dan mengajak ratusan temannya untuk bergabung di situsnya tersebut. Sepuluh tahun kemudian, jejaring sosial untuk para profesional ini telah memiliki 200 juta penggemar, 3.700 karyawan dan 26 kantor di seluruh dunia. Melihat perjalanan situs ini, dari awal banyak yang memprediksi bahwa situs ini akan sukses besar. Tapi untuk mencapainya perkiraan tersebut, situs ini memakan waktu yang tidak sebentar untuk mulai digunakan banyak orang. Bahkan situs ini pernah hanya terdapat kurang dari 20 orang yang mendaftar untuk menggunakan layanan yang ada di situs ini.

Reed Hoffman sang pendiri LinkedIn mengatakan bahwa di akhir bulan pertama situsnya diluncurkan, cuma ada 4.500 pengguna yang menggunakan jasa situsnya. Namun 10 tahun kemudian ia berterima kasih dan merasa bangga bahwa banyak orang telah menggunakan LinkedIn sebagai bagian dari kehidupan profesionalnya. Bertahannya LinkedIn hingga 10 tahun merupakan pencapaian yang membanggakan. Karena ketika itu mereka kalah saing dengan 2 jejaring sosial lain yakni Friendster dan MySpace. Namun keduanya tidak bisa mempertahankan kejayaannya dan sudah dilupakan oleh masyarakan. Hal yang berbalik terjadi pada LinkedIn, kini sudah semakin banyak orang menggunakan LinkedIn.

Meskipun LinkedIn didirikan sebelum beberapa raja sosial media seperti Facebook yang didirikan setahun setelah LinkedIn diluncurkan, Twitter 3 tahun kemudian dan Google+ 8 tahun kemudian. Yang membedakan LinkedIn dengan jejaring sosial lain adalah tim dari situs ini memfokuskan dalam menciptakan model bisnis. Pada tahun 2005, 2 tahun setelah situs ini didirikan, situs ini memperkenalkan daftar pekerjaan dan langganan bertingkat untuk menghasilkan pendapatan. Kini, LinkedIn telah menghasilkan $300 juta dalam pendapatan dari setiap kantornya.

Untuk merayakan dekade pertama websitenya, LinkedIn memperlihatkan gambar-gambar perubahan websitenya dari tahun-ke-tahun. Dari mulai halaman biasa dengan informasi dasar hingga halaman dinamis untuk bersosialisasi bagi para pebisnis dan individu. Simak perubahan setiap tahunnya situs LinkedIn dari tahun 2003 hingga 2013 atau 10 tahun perjalanannya: