Lestari Yono - Yon Gondrong One Man Band

Biografi Profil Biodata Lestari Yono - Yon Gondrong One Man BandLestari Yono atau yang lebih dikenal dengan Yon Gondrong tampil dengan berbagai alat musik yang menempel di tubuhnya, Lestari Yono dikenal sebagai sosok yang lain sebagai seorang musisi. One Man Band Indonesia, itulah yang kemudian menjadi julukan lain dari pria asal Malang yang sudah menetap lebih dari 20 tahun di Bali ini.

One Man Band merupakan sebutan bagi seseorang, yang secara individu memainkan lebih dari tiga jenis alat musik secara bersamaan dengan menggunakan tangan, kaki, dan anggota tubuh yang lain. “One Man Band Indonesia ini, saya buat sejak 2007, tapi saat itu belum berani tampil ke luar,” ujar pria yang biasa disapa Yon Gondrong ini. Khawatir disebut sebagai seorang yang aneh, Yon yang saat itu memulai one man band dengan memainkan bass drum, simbal, sener, dan gitar, akhirnya mulai memberanikan untuk menunjukkan dirinya keluar sekitar 2011.

Biografi Profil Biodata Lestari Yono - Yon Gondrong One Man BandTidak ada target apapun bagi Yon Gondrong sebagai seseorang One Man Band Indonesia. Tujuannya untuk berkreasi, untuk memuaskan naluri sebagai seorang musisi, dan menghibur orang-orang. Termasuk dalam kategori street performance, berbagai pengalaman ngamen pun telah dilakoni oleh Yon Gondrong di jalanan. Dia juga ingin menyampaikan pesan, bahwa sebagai pengamen bisa tampil lebih kreatif bukan lagi dengan menggunakan alat yang seadanya. Tujuannya, agar pengamen tak lagi dianggap sebagai pengemis, namun memang benar-benar bisa menghibur siapapun yang menonton penampilannya.

Tak hanya ngamen di jalanan, namun Yon Gondrong juga kerap tampil sebagai One Man Band di kafe-kafe hingga di panggung dengan berkolaborasi bersama musisi-musisi lainnya. Dari sana, kemudian Yon Gondrong berkenalan dengan berbagai komunitas kreatif dan menjadi lebih berani untuk menunjukkan sosok One Man Band Indonesia. Mendapat respon yang baik dari masyarakat dan komunitas di bidang seni-kreatif, Yon Gondrong kerap diundang untuk tampil menghibur. Karena apa yang ditampilkan olehnya tak hanya menghadirkan musik yang berbeda dari kebanyakan musisi lainnya, namun juga terselip unsur hiburan (komedi). Bahkan, dia juga kerap diundang untuk memberikan edukasi kepada anak-anak berkaitan dengan seni dan kreatif. Memiliki semacam keterikatan dengan One Man Band seluruh dunia.